Salin Artikel

Belikan Sepeda Motor untuk Lurah, Pemkab Gunungkidul Anggarkan Rp 3,3 Miliar

Lurah sempat mengusulkan ke Pemkab Gunungkidul untuk membeli Yamaha NMax sebagai kendaraan operasional. Namun, Pelaksana Tugas Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Saptoyo mengatakan anggaran saat ini tak memungkinkan untuk membeli NMax. Sehingga anggaran Rp 3,3 miliar akan digunakan membeli honda Vario 125.

"Kami harus refocusing beberapa kegiatan untuk menutup defisit APBD sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan," kata Saptoyo saat dihubungi wartawan Rabu (5/4/2024). 

Saptoyo mengatakan saat ini proses pengadaan sedang berjalan. Rencananya sepeda motor itu akan segera diserahkan pada bulan Juni 2023 mendatang. 

"Masih proses dan penyelesaian pekerjaan InsyaAllah di awal Juni 2023," kata dia.

Ketua Paguyuban Lurah se-Gunungkidul Semar, Heri Yulianto mengatakan, sepeda motor operasional lurah sudah sejak tahun 2014. Sehingga pada tahun 2022, diusulkan pengadaan kendaraan operasional saat penyusunan APBD 2023. 

Heri mengatakan, sempat ada permintaan jenis Yamaha NMax seperti daerah lainnya. Namun demikian, karena anggaran tidak mencukupi, pihaknya memaklumi. 

"Pengennya NMax, tapi tidak diakomodasi oleh pemkab. Hingga akhirnya disepakati kendaraan dinas baru Honda Vario 125. Untuk warnanya, kami ikuti saja," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/06/090014378/belikan-sepeda-motor-untuk-lurah-pemkab-gunungkidul-anggarkan-rp-33

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke