Salin Artikel

Sudah Minta Maaf Langsung, Mahasiswi yang Curhat Pasang Kateter Pasien Pria Tetap Ditarik dari RSUD Wonosari

Direktur RSUD Wonosari Heru Susilowati mengatakan pada kesempatan itu pihak kampus maupun mahasiswi pemilik akun TikTok @moditabok telah meminta maaf secara langsung.

"Tadi pihak Unisa dan mahasiswinya sudah minta maaf," katanya saat dihubungi wartawan, Kamis (2/6/2022).

Meski sudah ada permintaan secara langsung, mahasiswi tersebut tetap akan ditarik dari tempat praktik kliniknya, di RSUD Wonosari. 

"Mulai besok (hari ini) mahasiswi ditarik dari RSUD Wonosari," kata dia.

Sebelumnya, viral unggahan curhatan akun Tiktok @moditabok terkait pengalamannya memasang kateter untuk pasien pria. Curhatan ini pun ramai menjadi pembahasan di Twitter setelah akun @AREAJULID mengunggah potongan gambar dari akun Tiktok @moditabok.

Hingga Kamis (2/6/2022) pukul 05.39 WIB unggahan akun @AREAJULID tersebut sudah dikomentari sebanyak 10.958 pengguna, di-retweet 4.850 pengguna, dan disukai 44.124 pengguna.

"Ketika aku harus masang kateter urin / DC untuk pasien cowok.Mana udah cakep, seumuran lagi," tulis akun Tiktok @moditabok.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menilai unggahan mahasiswa yang praktik di RSUD Wonosari merupakan pelanggaran kode etik.

Ketua PPNI DIY, Tri Prabowo mengatakan salah satu kode etik dalam pelayanan pasien adalah menjaga rahasia.

"Kalau kontennya iya (melanggar kode etik). Karena sebetulnya dalam kode etik sudah disampaikan bahwa intinya bahwa ketika kita memberikan pelayanan itu kan ada rahasia pasien yang tak boleh diungkapkan. Intinya seperti itu," katanya saat dihubungi wartawan, Kamis (2/6/2022). ( Penulis: Kontributor Yogyakarta Markus Yuwono, Kontributor Yogyakarta Wisang Seto Pangaribowo | Editor: Khairina, Dita Angga Rusiana )

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/03/060800478/sudah-minta-maaf-langsung-mahasiswi-yang-curhat-pasang-kateter-pasien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke