Salin Artikel

[POPULER YOGYAKARTA] Warga Tutup Akses TPST Piyungan | Musibah Banjir di Kota Solo

KOMPAS.com - Puluhan rumah di Kota Solo terendam banjir usai hujan deras mengguyur pada Minggu (8/5/2022).

Saat itu sebagian besar rumah yang kebanjiran sedang ditinggal piknik oleh pemiliknya.

Sementara itu, berita soal warga menutup akses menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Padukuhan Ngablak, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta, juga jadi sorotan.

Akibat aksi itu, sampah dari wilayah Bantul, Kota Yogyakarta, dan Sleman tidak bisa dibuang sejak Sabtu (6/5/2022) lalu.

Warga membangun posko untuk mencegah truk sampah dari tiga wilayah itu, warga meminta truk sampah yang datang untuk putar balik.

Berikut ini berita populer Yogyakartaa secara lengkap:

Hujan deras membuat puluhan rumah di Kota Solo terendam banjir. Ketinggian banjir antar setengah meter hingga satu meter terpantau di di Kampung Todipan, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Paling parah, banjir besar. Sungai dan jalan udah rata, ketinggian setengah sampai satu meter ini," kata Warga Todipan Ndandung Hariyadi, Minggu (8/5/2022).

Sejumlah warga di sekitar TPST Piyungan membeberkan alasan aksi penutupan bagi truk pengangkut sampah.

"Posko dijaga 24 jam. Ini untuk menjaga truk sampah yang mau masuk," kata Koordinator aksi "Banyakan Menolak Banyakan Melawan" Herwin Arfianto ditemui wartawan di pintu masuk utama TPST Piyungan, Bantul, Senin (9/5/2022).

Herwin mengatakan, pihaknya akan menutup kawasan TPST sampai bertemu langsung Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sebuah video perilaku sekelompok anak kecil di Gelanggang Olahraga (GOR) Goentoer Darjono Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menjadi viral.

Dalam video itu, tampak tiga bocah laki-laki yang diperkirakan masih berusia di bawah 7 tahun itu membuka celana dan memamerkan alat kelaminnya kepada pengunjung GOR Purbalingga.

“Tadi sudah kami minta klarifikasi, sekitar pukul 10.00 WIB tim kami mendatangi rumah orang tuanya di Kecamatan Kaligondang,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Prayitno.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Mahardian Dewo Negoro membenarkan bahwa pihaknya telah menangkap IU, seorang wisatawan yang tepergok merekam anak-anak di bawah umur yang sedang mandi di Kawasan Pantai Drini, Kapanewon Tanjungsari, Minggu (8/5/2022).

Saat itu, pelaku masuk ke kamar mandi umum, di saat bersamaan di selah satu kamar mandi masuk gadis di bawah umur untuk membersihkan badan sehabis bermain di kawasan pantai.

"Kamar mandi umum kan ada celahnya itu di atas, pelaku merekam aktvfitas dari sebelahnya," kata Mahardian ditemui di kantornya Senin (9/5/2022).

(Penulis : Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono, Kontributor Banyumas, Iqbal Fahmi | Editor : Robertus Belarminus, Ardi Priyatno Utomo )

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/10/050000078/-populer-yogyakarta-warga-tutup-akses-tpst-piyungan-musibah-banjir-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke