Salin Artikel

Viral, Video Warga Lempar Sampah ke Truk, DLHK Kota Yogyakarta: Masyarakat Enggak Sabar

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Unggahan video yang menunjukkan kedatangan truk sampah di depo sampah Pasar Ngasem, Yogyakarta diserbu warga viral di media sosial, Instagram.

Tampak, warga melempar sampah-sampah yang dibungkus dengan kantung plastik ke bak belakang truk sampah.

Salah satu akun yang membagikan video tersebut yakni @infocegatanjogja.

Saat dikonfirmasi, Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Yogyakarta, Ahmad, Heryoko menjelaskan banyaknya warga yang menunggu truk sampah lalu melemparkan sampah ke bak truk sampah adalah fenomena yang tidak hanya terjadi satu kali.

"Fenomena itu terjadi setiap kali. Jadi, pelayanan kita kan tidak seperti tahun-tahun yang lalu, dan ini menjelang tutup total TPA Piyungan kami mencoba untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa sampah harus dikelola dengam baik," ujarnya, Rabu (24/4/2024).

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin melayani masyarakat dan kami sedang berproses, setelah TPA Piyungan ditutup bisa melakukan pelayanan," imbuh dia.

Haryoko menjelaskan bahwa saat ini sampah tidak bisa habis 100 persen, seperti tahun-tahun yang lalu, sehingga membutuhkan depo sampah yang digunakan untuk menampung sampah sebelum diolah.

Depo di Pasar Ngasem menurut dia berukuran kecil, depo ditutup oleh petugas dengan tujuan sampah tidak meluber ke jalanan.

"Di sana depo kecil kalau agak penuh sama petugas ditutup agar tidak meluber di jalan. Kadang, belum sempat dibuka deponya untuk menampung masyarakat antre," kata dia.

Terjadinya fenomena melempar sampah di truk sampah ini menurutnya karena masyarakat tidak sabar menunggu untuk membuang sampahnya.

Menurut dia, depo sampah sudah ada jadwal jam operasional yakni dibuka pada pukul 05.00 sampai dengan 09.00 WIB.

"Kadang masyarakat setelah subuh misalnya, masyarakat gak sabar lalu dilempar ketika truk datang," kata dia.

Jadwal depo sampah buka yakni pada Kamis (18/4/2024), Minggu (21/4/2024), Rabu (24/4/2024), Sabtu (27/4/2024), dan Selasa (30/4/2024).

Haryoko menambahkan setelah TPA Piyungan ditutup permanen pada Mei akan ada penyesuaian jadwal buka depo sampah di Kota Yogyakarta.

"Waktunya sampai tanggal 30 sesuai jadwal yang kami umumkan, untuk nanti setelah bulan Mei akan ada perubahan jadwal lagi," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/04/24/135218278/viral-video-warga-lempar-sampah-ke-truk-dlhk-kota-yogyakarta-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke