Salin Artikel

Beredar Video Mesum Diduga Warga Binaan Lapas Jateng, Kemenkumham Bentuk Tim Investigasi

KOMPAS.com - Video mesum yang diduga melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP) salah satu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jawa Tengah (Jateng) beredar di media sosial.

Video itu pun diduga dibuat di ruangan salah satu Lapas di Jateng karena tampak logo bertuliskan "Pengayoman Kemenkumam RI".

Merespons hal itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jateng, Kadiyono mengatakan, pihaknya telah membentuk tim investigasi untuk mengusut kasus tersebut.

"Kami sudah melihat videonya. Kami cek kebenarannya dengan membentuk tim (investigasi)," kata Kadiyono, Jumat (19/4/2024), dikutip dari TribunJateng.com.

Dia memastikan, tim itu akan menelusuri lokasi kejadian, pemeran, serta perekam video mesum tersebut.

"Selepas ditelusuri nanti diklarifikasi, misalnya ada pelanggaran akan dikenakan sanski dengan ketentuan yang berlaku," ujar Kadiyono.

Akan tetapi, Kadiyono menyatakan, dia belum bisa memastikan sampai kapan tim investigasi melakukan penyelidikan.

"Kalau bisa penelusuran secepatnya, yang jelas jangan sampai hasilnya tidak baik. Jadi tim investigasi jangan sampai tergesa-gesa," ucap Kadiyono.

Dia pun menegaskan, tidak ada Lapas di Jateng yang menyediakan "bilik asmara" untuk dimanfaatkan para warga binaan.

"Jangankan di Jateng, di Indonesia juga belum ada," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul "Video Syur Diduga Warga Binaan Tersebar, Lokasi Diduga Salah Satu Ruangan Lapas di Jateng"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/04/20/190653078/beredar-video-mesum-diduga-warga-binaan-lapas-jateng-kemenkumham-bentuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke