Salin Artikel

Penyebab Terbakarnya Bus Tujuan Pati di Ring Road Barat Yogyakarta, Kerugian Ditaksir Rp 460 Juta

Dugaan sementara penyebab kebakaran karena adanya korsleting di bagian AC. 

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Sleman Iptu Catur Bowo Laksono menegaskan, semua penumpang bus selamat dan tidak mengalami luka. 

"Kerugian materi sekitar Rp 460 juta," ujarnya, Kamis.

Catur menyampaikan, peristiwa bus terbakar di ring road barat Jalan Siliwangi, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman itu terjadi pada Kamis sekitar pukul 06.30 WIB.

Bus tersebut membawa sebanyak 10 penumpang. 

Diungkapkannya, peristiwa berawal saat bus dengan nomor polisi K 7096 OB itu melaju dari arah selatan dan berhenti di simpang empat Demak Ijo. 

Saat hendak melanjutkan perjalanan, terlihat kepulan asap dari bagian belakang bus. Pengemudi lantas mencari tempat yang lebih aman untuk berhenti. 

Korsleting dari saluran AC

Dugaan sementara, penyebab dari terbakarnya bus tersebut akibat korsleting dari saluran AC. Hal itu berdasarkan keterangan dari pengemudi bus. 

"Menurut keterangan dari driver memang sudah ada indikasi korsleting dari saluran freon AC. Selanjutnya menimbulkan percikan terus mulai mengepul asap menyebar ke depan dari belakang ke depan," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, satu unit bus yang membawa penumpang hangus terbakar di ring road Jalan Siliwangi tepatnya di depan SMP Negeri 3 Gamping, Kabupaten Sleman. 

Kasat Lantas Polresta Sleman Kompol Andhies F Utomo mengatakan bus tersebut berangkat dari Terminal Giwangan, Yogyakarta dengan tujuan Pati.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/04/18/165312378/penyebab-terbakarnya-bus-tujuan-pati-di-ring-road-barat-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke