Salin Artikel

Selama Libur Lebaran, Jumlah Kendaraan Keluar Yogyakarta Lebih Banyak dari yang Masuk

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selama libur Lebaran 2024, Kendaraan keluar lebih banyak daripada kendaraan yang masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Data Dinas Perhubungan (Dishub) DIY hingga Senin, 15 April 2024 menunjukkan, kendaraan yang keluar dari DIY mencapai 1.047.233 unit. Sedangkan kendaraan yang masuk ke DIY sebanyak 924.909 unit.

Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan, data dari Dishub diambil melalui Area Trafdic Control System (ATCS) di sejumlah titik utama DIY.

"Banyakan yang keluar, ini anomali kayaknya," kata dia saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (16/4/2024).

Made menduga, banyaknya kendaraan yang keluar daripada masuk ini disebabkan banyaknya kendaraan yang masuk melalui jalur-jalur alternatif yang tidak terpantau dengan ATCS.

"ATCS menghitung secara digitalisasi di Prambanan, Jombor, Gamping, kemudian di Piyungan," kata dia.

"Jalur-jalur (alternatif) lain masuk ke DIY kan juga banyak," kata dia.

Saat disinggung soal prediksi kendaraan yang masuk ke DIY sejumlah 11,7 juta unit, menurut Made untuk tahun ini tidak tercapai.

"Data di kami kalau diakumulasi mungkin tidak segitu. Karena, data di kami data yang pasti seperri di terminal, bandara itu pasti. Tapi kalau data perjalanan orang dengan menggunakan kendaraan pribadi yang hisa kita potret itu di jalur utama," jelas dia.

Lanjut dia, sedangkan pemudik tidak hanya melalui jalur utama tetapi juga menggunakan jalur-jalur alternatif yang tidak terpantau oleh Dishub DIY.

"Ini (pemudik lewat jalur alternatif) yang kita tidak bisa memantau," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/04/16/194849178/selama-libur-lebaran-jumlah-kendaraan-keluar-yogyakarta-lebih-banyak-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke