Salin Artikel

Wisatawan Terseret "Rip Current" di Pantai Gunungkidul, Diselamatkan Petugas

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Petugas berhasil menyelamatkan seorang wisatawan yang terseret rip current di Pantai Drini, Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (15/4/2024).

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan, korban berinisial Zn (15), warga Sragen, Jawa Tengah. Ia datang bersama rombongan ke Pantai Drini. Saat bermain air terlalu ke tengah, korban terseret arus balik laut atau rip current sekitar pukul 11.45 WIB.

"Petugas yang berada di lokasi langsung memberikan pertolongan dengan berenang," kata Suris saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Korban lalu dievakuasi ke Pos Satlinmas di Pantai Drini untuk diberikan pertolongan. Setelah beberapa saat, kondisi korban membaik.

"Korban membaik dan sudah bergabung dengan rombongan," kata dia.

Pihaknya sudah berulang kali mengimbau kepada wisatawan untuk berhati-hati saat bermain di laut, terutama di area rip current. Menuturnya, hampir semua pantai di Gunungkidul memiliki arus balik laut.

"Rip current di Gunungkidul tetap, beda dengan Bantul yang berubah lokasi," kata Suris.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Marjono mengimbau kepada wisatawan untuk mematuhi rambu dan imbauan petugas di lapangan.

"Untuk Drini, rip current berada di jalur kapal," kata dia.

Karakteristik pantai di Gunungkidul yang berbatu karang dan berada di Samudera Hindia memiliki rip current atau arus balik yang terkonsentrasi pada sebuah jalur sempit yang memecah zona empasan gelombang hingga melewati batas zona gelombang pecah.

Pihaknya sudah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan penelitian mengenai rip current selama 5 tahun terakhir.

Marjono mengatakan sampai saat ini wisatawan libur Lebaran di Pantai Gunungkidul masih ramai.

"Kondisi masih ramai sampai hari ini," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/04/15/140755178/wisatawan-terseret-rip-current-di-pantai-gunungkidul-diselamatkan-petugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke