Salin Artikel

11,7 Juta Pemudik Bakal ke DIY, 4.864 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan

"Memang ini menjadi atensi khusus karena jumlah pemudik yang akan kembali atau datang ke Yogyakarta, berdasarkan survei, Yogyakarta itu peringkat keempat dengan 11,7 juta jiwa yang akan mudik," ujar Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan usai apel pelaksanaan pengamanan Idul Fitri di Mapolda DIY, Rabu (3/4/2024).

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ada dua kali kenaikan arus mudik untuk wilayah DI Yogyakarta (DIY). Kenaikan arus mudik diprediksi terjadi pada H+2 Lebaran.

Kemudian, kenaikan arus juga diprediksi akan terjadi beberapa hari sebelum arus balik.

"Jadi mereka yang dari luar daerah untuk kembali ke Jakarta, mereka mampir dulu ke Yogya. Atau yang melakukan aglomerasi yaitu sekitaran yang melaksanakan silaturahmi ke Yogya atau pun wisata ke Yogya," ucapnya.

Brdasarkan data, jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah DI Yogyakarta relatif seimbang dengan yang keluar. Kebanyakan, arus masuk ke DIY terjadi pada pagi hari.

Dalam rangka mudik Lebaran tahun ini, total ada sebanyak 4.864 orang personel yang diterjunkan. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Polri, TNI, dan dari instansi lainnya.

"Di luar itu, ditambah kami dapat informasi terakhir PMI itu menyiapkan tenaga sebanyak 900 di luar dari 70 yang terdaftar. Jadi selain angka 4.864, sebetulnya sukarelawan juga banyak," ucapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/04/04/092954378/117-juta-pemudik-bakal-ke-diy-4864-personel-gabungan-diterjunkan-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke