Salin Artikel

Jalur Wisata Viral di DIY Rawan Kecelakaan, Ada Perbukitan Menoreh

"Jalur rawan terutama jalur wisata, jalur wisata semua yang lagi viral rawan semua," kata plh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Sumariyoto, Selasa (3/4/2024).

Oyot sapaan akrabnya merinci ada beberapa destinasi wisata yang saat ini sedang tren dan memiliki jalur-jalur rawan kecelakaan. Di antaranya, perbukitan Menoreh, Dlingo Kabupaten Bantul, dan beberapa destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul.

"Ngarsa Dalem (Gubernur DIY) sudah warning (mengingatkan) bahwa JJLS (jalur jalan lintas selatan), yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur tersentuh gelombang tinggi. Kita punya tugas JJLS kita tersentuh tidak," kata dia.

Mengingat pada musim mudik 2024 ini masih memiliki potensi curah hujan tinggi, Oyot meminta kepada pengguna jalan raya untuk selalu berhati-hati saat hujan datang.

Lanjut dia, pengendara harus ekstra hati-hati saat hujan deras datang lantaran lubang-lubang jalan tak terlihat saat hujan deras.

Oyot juga mengimbau kepada pemudik atau wisatawan yang datang ke DI Yogyakarta agar selalu memanfaatkan jalur alternatif yang akan dipasang rambu pengarah oleh Dishub DIY.

"Manfaatkan jalur-jalur alternatif bagi pemudik yang tidak masuk kota (Yogyakarta)," ujar dia.

"Kesannya di dalam (kota) kosong padahal mereka sudah mengisi di pinggir (jalur alternatif) pada saat H+2 baru mereka keluar semua," kata dia.

"Kami arahkan untuk tidak menggunakan jalur utama menuju kota silakan pakai jalu alternatif," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/04/03/104802978/jalur-wisata-viral-di-diy-rawan-kecelakaan-ada-perbukitan-menoreh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke