Salin Artikel

Peringati Pekan Suci Paskah, Pelajar SD Naik Turun Bukit Menoreh untuk Jalan Salib

MAGELANG, KOMPAS.com – Puluhan pelajar SD di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang melakoni jalan salib pada Pekan Suci Paskah. Mereka menempuh jarak 1,5 kilometer sembari merefleksikan masa-masa terakhir Yesus.

Sedikitnya 40 siswa SD Kanisius Kenalan menyusuri jalan hingga tiba di Gua Maria Welas Asih di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, Selasa (26/3/2024). Memang, sekolah di Desa Kenalan, Borobudur itu tepat di perbatasan dengan Kulonprogo.

Bak Yesus yang memanggul salib, beberapa anak bergiliran memanggul salib. Mereka terlihat antusias sekalipun medan di perbukitan Menoreh naik-turun. Senyum merekah kendati peluh menetes tipis-tipis.

Sepanjang perjalanan mereka berhenti di 14 titik yang menggambarkan 14 perhentian jalan salib. Kegiatan ini diikuti siswa kelas I sampai V.

“Di 14 perhentian jalan salib, kami berdoa dan guru memberikan refleksi kepada anak-anak. Ini menceritakan dari Tuhan Yesus dihukum mati sampai dimakamkan,” ujar guru SD Kanisius Kenalan, Maria Retno Ardiyanti Melani.

Melani menyampaikan, rangkaian Pekan Suci Paskah sudah dimulai minggu lalu. Kegiatan dibuka dengan pertobatan ekologis berupa melestarikan mata air di perbukitan Menoreh. Besok dilanjutkan menjenguk orang sakit dan lansia di seputaran Kenalan.

Siswa kelas V, Margaretha Widji Wijayanti merasa senang mengikuti jalan salib yang baru pertama kali diadakan. Terlebih, ia bisa berjalan-jalan bersama teman-temannya.

“Lumayan capai. Tapi, enggak terasa saat bersama teman-teman,” tuturnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/26/134656978/peringati-pekan-suci-paskah-pelajar-sd-naik-turun-bukit-menoreh-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke