Salin Artikel

Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Terminal Tirtonadi Solo

SOLO, KOMPAS.com - Terminal Tipe A Tirtonadi Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), mulai melakukan persiapan menjelang mudik Lebaran 2024.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tirtonadi Solo, Bandiyono menjelaskan, persiapan dimulai dari segi keselamatan, pelayanan kesehatan, keamanan sarana dan prasarana, serta pelayanan Umum.

Dia mengatakan, dari segi keselamatan, pihak Terminal Tirtonadi melakukan operasi Bersama Inspeksi Keselamatan Kendaraan (Ramp check Kendaraan) dengan Polresta Solo dan Jasa Raharja BPTD Kelas II Jawa Tengah.

"Kami melakukan pengecekan bus laik jalan dan laik operasi, sehingga memberikan rasa aman ketika pengguna jasa transportasi darat khususnya Bus," kata Bandiyono, pada Selasa (19/3/2024).

Ramp check juha diberlakukan setiap harinya pada Kendaraan Bus yang melewati Terminal Tipe A Tirtonadi.

Segi keamanan, Bandi sapaan akrabnya menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan kepolisian untuk menekan tingkat tindak kriminalitas.

Selain itu, untuk menghindari adanya penggunaan narkoba, miras dan barang terlarang lainnya, petugas dari Polresta Solo juga diturunkan.

"Pelayanan lain, membuat Posko Angkutan Lebaran Tahun 2024. Cek seluruh fasilitas yang ada di Terminal mulai dari pengecekan rambu petunjuk arah, ruang tunggu, ruang laktasi dan fasilitas lainnya," jelasnya.

Bandi berkata, hingga hari ini sudah ada empat lembaga yang menyelenggarakan mudik gratis dan akan menurunkan penumpangnya di Terminal Tirtonadi.

"Empat lembaga yang nantinya akan menurunkan penumpang di Terminal Solo antara lain Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jabar, Jasa Raharja, dan Kementrian Perhubungan," pungkas dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/19/153234878/kesiapan-mudik-lebaran-2024-di-terminal-tirtonadi-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke