Salin Artikel

Masuk Permukiman di Gunungkidul, Monyet Ekor Panjang Curi Makanan dan Pukuli Kambing Warga

Ulu-ulu (perangkat) Kalurahan Purwodadi, Suroyo mengatakan, jika konflik dengan monyet ekor panjang sudah meresahkan warga Kalurahan Purwodadi. Bahkan warga sampai kewalahan mengusir monyet karena saking banyaknya monyet yang datang.

"Sekali datang sampai 500 ekor, mereka memakan apa saja yang disukai manusia. Seperti jagung, kacang, hingga singkong," kata Suroyo saat dihubungi melalui telepon Senin (18/3/2024).

Dijelaskannya, monyet ekor panjang di kalurahan Purwodadi ada 9 kelompok. Mereka berpindah tempat mencari makan. Ladang petani yang siap panen, diserbu ratusan ekor secara bergantian.

"Sejak tiga tahun terakhir monyet ekor panjang sampai masuk ke permukiman. Bahkan mengambil telur dan memukuli kambing petani," kata dia.

Suroyo menyebut upaya yang dilakukan petani seperti memasang jaring dan mengusir kurang efektif. Bahkan serangan tidak berkurang.

"Ya kerugian petani beragam, dari Rp 600.000 sampai Rp1 juta, tapi kan berpindah-pindah lokasinya. Jika dihitung banyak," ucap dia.

"Tapi untuk monyet yang besar jarang makan, untuk monyet kecil mereka makan," kata Suroyo.

Kepala DLH Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, pihaknya memberikan pakan monyet di empat titik, yakni Purwodadi, Tepus, Giripanggung, dan Sidoharjo.

Selain itu, pihakya juga menyusun kajian penanganan monyet ekor panjang bersama dengan UGM. 

"Iya nanti pakan diberikan selama 10 bulan," kata Harry.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/18/170212078/masuk-permukiman-di-gunungkidul-monyet-ekor-panjang-curi-makanan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke