Salin Artikel

Kronologi Ular Piton 4,3 Meter Gigit Kaki Petugas Damkar Saat Dievakuasi

KOMPAS.com - Ular piton sepanjang 4,3 meter menggigit seorang petugas pemadam kebakaran (damkar) yang hendak melakukan evakuasi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/3/2024).

Petugas bernama Rusdi itu pun terluka di bagian kaki dan Rusdi pun segera mendapat perawatan saat melakukan evakuasi ular di Desa Nyatnyono, Ungaran Barat. 

"Ularnya cukup besar dan panjangnya mencapai 4,3 meter. Butuh beberapa orang dewasa untuk menangkapnya," ujar Kasi Damkar Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang Hisyam Alwi, Minggu (17/3/2024).

Menurutnya, peristiwa itu berawal saat warga setempat sedang kerja bakti membersihkan semak-semak dan melihat adanya ular tersebut. 

Setelah menerima laporan warga, petugas Damkar segera menuju ke lokasi untuk evakuasi ular besar itu. 

"Kebetulan ada warga yang juga anggota Linmas turut dalam kerja bakti tersebut. Lalu melaporkan ke Damkar Kabupaten Semarang dan langsung ditindaklanjuti dengan datang ke lokasi untuk evakuasi," ujarnya. 

Sementara itu, petugas damkar sempat alami kesulitan untuk mengevakuasi ular karena lokasinya di semak-semak rimbun di Alas Serang itu.

Beberapa saat kemudian, petugas damkar yang berusaha menarik ular dari semak-semak mendapat perlawanan. Rusdi pun tergigit di bagian kakinya. 

"Lokasinya jauh dari permukiman warga, sekira satu kilometer. Tidak ada laporan terkait ular tersebut memangsa ternak warga," jelas dia.

(Penulis: Dian Ade Permana | Editor: Andi Hartik )

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/17/220000178/kronologi-ular-piton-4-3-meter-gigit-kaki-petugas-damkar-saat-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke