Salin Artikel

BI Solo Siapkan Rp 4,3 Triliun untuk Penukaran Uang Baru Lebaran 2024

SOLO, KOMPAS.com - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (PwBI) Solo, Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan, telah menyiapkan Rp 4,3 triliun untuk kebutuhan penukaran uang periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024/1445 H.

"Kami menyediakan Rp 4,3 triliun untuk masyarakat. Mudah-mudahan bisa dapat semuanya," kata dia di Solo, Jawa Tengah, Jumat (15/3/2024).

Menurutnya, jumlah uang yang disediakan tersebut meningkat dari realisasi tahun sebelumnya Rp 4,1 triliun.

"Ada sedikit peningkatan. Tahun lalu ada sekitar Rp 4,1 triliun," ungkap dia.

Dari pengalaman tahun lalu, lanjut Anto paling banyak yang diminati masyarakat uang pecahan kecil. Mulai pecahan uang baru Rp 20.000, Rp 10.000, dan Rp 5.000.

Anto sapaan akrab menyampaikan, alasan jumlah uang yang disiapkan lebih banyak dari tahun lalu karena kegiatan ekonomi semakin berkembang dan kebutuhan masyarakat semakin meningkat.

Meski demikian, pihaknya juga terus mendorong kepada masyarakat untuk melakukan transaksi non-tunai.

"Karena kegiatan ekonomi semakin berkembang jadi kebutuhan masyarakat semakin meningkat sekarang. Meskipun kita tetap mendorong masyarakat bisa lebih terbiasa bertransaksi secara non-tunai," terang dia.

Kick-off layanan penukaran uang rupiah baru bagi masyarakat akan dimulai pada Rabu, 20 Maret 2024 di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari.

Alasan dipilihnya lokasi kick-off layanan penukaran uang rupiah baru di Masjid Raya Sheikh Zayed karena bersamaan dengan momentum buka puasa bersama.

"Sekalian momentum buka puasa bersama ketika masyarakat berkumpul di sana. Dan kita tahu semua bahwa Madjid Raya Sheikh Zayed menjadi ikon Kota Solo," jelas Anto.

Setelah kick-off, lanjut Anto akan ada jadwal layanan penukaran uang rupiah baru secara berkala di 93 titik lokasi di Soloraya.

"Total se-Soloraya ada 93 titik lokasi penukaran uang di perbankan," ungkap Anto.

Seorang warga Bibis Kulon, Banjarsari, Suprapti (58) mengaku, memilih menukarkan uang baru lebih awal karena tidak ingin terlalu lama mengantre dan berdesakan.

Ia menukarkan uang baru untuk kebutuhan Lebaran 2024 di sebuah mobil layanan milik Bank Indonesia Solo di depan halaman Kantor Kecamatan Banjarsari.

"Pilih awal-awal karena agak sepi tidak uyuk-uyukan (tidak berdesakan)," kata Suprapti.

Suprapti menukarkan uang rupiah pecahan baru untuk dibagikan kepada sanak keluarganya sebanyak Rp 3,8 juta.

Ia mendapat pecahan uang baru Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

"Besok uangnya mau saya kasihkan ke anak-anak dan keponakan saat lebaran," ungkap dia.

Dia menambahkan, pengalaman menukarkan uang baru tersebut baru pertama kali. Sebelumnya, ia selalu menitipkan kepada temannya untuk menukarkan uang baru.

"Baru pertama kali. Dulu nitip sama teman untuk menukarkan," katanya.

Tidak ada syarat khusus untuk menukarkan uang baru. Menurut Suprapti dirinya hanya membawa KTP dan uang yang ditentukan untuk ditukar dengan pecahan baru.

"Nggak susah (syaratnya). Tadi antre sebentar," ungkap Suprapti.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/15/145155978/bi-solo-siapkan-rp-43-triliun-untuk-penukaran-uang-baru-lebaran-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke