Salin Artikel

Pemkot Yogyakarta Hibahkan Rp 2 Miliar untuk Pengamanan Pilkada 2024

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo merinci anggaran sebesar Rp 2 miliar ini dibagi untuk Kepolisian dan TNI.

"Untuk Polresta Rp 1,12 miliar dan Kodim Yogyakarta sebesar Rp 870 juta," ujar Singgih saat ditemui di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (14/3/2024).

Pemberian anggaran ini melalui skema hibah dan sudah ditandatagani bersama dalam Nota Penandatanganan Hibah Daerah (NPHD).

Menurut Singgih, ada potensi gangguan keamanan dalam Pilkada 2024 mendatang. Meski begitu, gangguan keamanan diyakini tidak terlalu signifikan. Hal itu berkaca dari digelarnya Pilpres 2024.

"Pengalaman dari PIlpres Yogyakarta kondusif. Ada potensi tapi, kecil. Dari persiapan ada kampanye, dan penghitungan (potensi gangguan keamanan)," kata dia.

Singgih menambahkan dalam mengantisipasi gangguan kemanan saat Pilkada 2024 yang terpenting adalah saat sebelum proses pemungutan suara dan setelah pemungutan suara.

Ia memberikan contoh untuk menjaga kondusifitas seperti melakukan penindakan bagi para pengguna knalpot tidak standar atau brong di jalan raya seperti pada saat Pilpres 2024 lalu.

Sementara itu, Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Aditya Surya Dharma menyampaikan dalam melakukan pengamanan pada saat Pilkada 2024, pihaknya akan bekerja sama dengan TNI.

"Kalau Yogyakarta meletup daerah lain ikut. Kalau Yogyakarta bisa ditangani, insyaallah daerah lain tertangani," beber dia.

"Kami berharap pelaksanaan pilkada berjalan lancar dan aman," pungkas Aditya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/14/184642878/pemkot-yogyakarta-hibahkan-rp-2-miliar-untuk-pengamanan-pilkada-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke