Salin Artikel

Soal Antraks, Sultan Heran Masih Ada Masyarakat yang Melakukan "Brandu"

Sebagai informasi, brandu adalah tradisi masyarakat yang menyembelih hewan ternak yang sudah mati.

"Makanya itu saya itu herannya di situ. Makanya tadi saya ngasih catatan ke Dinas Kesehatan sama Pertanian kenapa selalu berulang gitu," ujar Sultan saat ditemui di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis (14/3/2024).

Sultan menambahkan dibutuhkan pemberian edukasi dan literasi kepada masyarakat dan kepada para peternak agar paham ciri-ciri hewan ternak yang sakit.

"Mungkin perlu literasi yang baik kepada masyarakat peternak ya, bagaimana untuk jaga ternak dan jaga dirinya dari kemungkinan antraks," kata dia.

Diharapkan dengan literasi yang diberikan kasus-kasus antraks ini tidak kembali terulang.

"Tidak terulang gitu, kan hanya berapa bulan terjadi, sekian bulan terjadi. Selalu terulang gitu lho. Ya semoga apa yang sudah kita tangani yang Sleman juga cepat selesai gitu," ucapnya.

Disinggung soal kemungkinan Kejadian Luar Biasa (KLB), Sultan mengatakan sampai saat ini belum diperlukan karena masih di satu lingkungan. Namun, Sultan tidak menutup kemungkinan KLB ditetapkan, jika nantinya kasus semakin meluas.

"Saya kira belum, kecuali kalau memang ada dasar berkembang gitu. Kalau bisa terlokalisasi kan lebih baik. Tapi masalahnya bukan masalah itunya tapi kenapa terulang terus gitu lho (brandu). Mungkin perlu literasi, edukasi gitu lho," beber Sultan.

Sultan berpesan kepada masyarakat agar mengetahui kondisi ternak. Jika mengetahui ada ternak yang lemas harus segera diobati bukan justru disembelih saat sudah mati.

"Kalau sapinya diem saja lemes diobati, jangan mati (saat) malah dipotong karena sayang," kata dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Widiyanti menjelaskan terdapat satu keluarga di Klaten, Jawa Tengah yang mendapatkan daging dari Kalinongko, Sleman.

"Terkait dengan daging yang sempat dibawa ke Klaten, kebetulan anak dari pemilik ternak yang ada di Kalinongko memang ada balungan dan daging," ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DI Yogyakarta, Rabu (13/3/2024).

Ia menjelaskan tulang atau balungan yang didapat sudah dimask oleh warga Klaten, dan sudah dimakan. Mendapatkan kaar tersebut pihaknya lalu melakukan investigasi.

"Pada 12 Maret, kemarin kita lakukan pemusnahan daging yang ada. Yang dimasukkan pada freezer, kulkasnya itu kita lakukan dengan sop (pengamanan) yang ada sampai daging dikubur sesuai dengan sop," ucap dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/14/145050378/soal-antraks-sultan-heran-masih-ada-masyarakat-yang-melakukan-brandu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke