Salin Artikel

Antisipasi Penularan, 1.427 Ekor Sapi di Klaten Divaksinasi Antraks

KLATEN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah melakukan vaksinasi antraks di wilayah Gantiwarno dan Bayat.

Hal ini menyusul adanya temuan kasus antraks di wilayah Gunungkidul.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten, Widiyanti mengatakan, ada 1.427 ekor sapi yang divaksinasi antraks. Rinciannya, 852 ekor sapi di Gantiwarno dan 575 ekor sapi di Bayat.

"Kita lakukan vaksinasi sebagai salah satu bentuk antisipasi karena kebetulan di tetangga kita kan ada kasus antraks," kata Widiyanti dikonfirmasi, Kamis (14/3/2024).

Widiyanti menjelaskan, sapi yang telah diberikan vaksin antraks tubuhnya akan menjadi kebal. Sehingga sapi tidak mudah sakit apabila terpapar spora atau bakteri antraks.

Widiyanti menyampaikan, vaksinasi antraks telah dimulai hari ini. Pihaknya menargetkan, vaksinasi tersebut rampung pada Senin depan.

"Rencana hari Senin vaksinasi sudah selesai," terang dia.

Lebih jauh, Widiyanti menegaskan, sampai saat ini sapi-sapi milik warga di Klaten aman dan tidak ada yang terpapar antraks.

"Mudah-mudahan tetap aman dan terkendali," ungkap dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/14/132649778/antisipasi-penularan-1427-ekor-sapi-di-klaten-divaksinasi-antraks

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke