Salin Artikel

Pilkada 2024: Gerindra DIY Mulai Munculkan Nama, PDI-P Masih Fokus Penghitungan Suara Pemilu

Di Pilkada Sleman telah muncul sejumlah nama di internal Gerindra, yang salah satunya menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono. Sementara Pilkada Kota Yogyakarta, Gerindra mengusulkan nama Budi Waljiman.

Berbeda dengan Partai Gerindra, PDI-P di DIY justru sampai sekarang ini belum melakukan penjaringan nama-nama kader untuk Pilkada 2024.

"Belum, sampai hari ini belum ada penjaringan. Sedang berkonsentrasi perhitungan KPU sampai pusat. Mengenai presiden dan sebagainya," ujar Sekretaris DPD PDIP DIY, Totok Hedi Santosa,s aat dihubungi, Rabu (12/3/2024).

Totok menambahkna sampai sekarang PDI-P belum melakukan pembahasan secara intensif mengenai siapa saja kandidat yang mungkin diusung dalam Pilkada di Sleman maupun Kota Yogyakarta.

Namun, soal Pilkada ini sudah disinggung di dalam rapat.

Dia menambahkan saat rapat yang disinggung hanya sebatas Pilkada ini penting bagi masyarakat untuk memiliki kepala daerah yang berguna dan bermaslahat bagi masyrakat.

"Kalau orang (nama-nama) sampai hari ini kita belum berbicara tentang hal tersebut," bebernya.

Totok menambahkan bahwa dalam melakukan penjaringan nama bakal calon kepala daerah, PDI-P memprioritaskan kader sendiri. Namun, dia juga menegaskan bahwa PDIP juga partai yang inklusif.

"Selalu diprioritaskan kader tetapi kami ini partai yang inklusif terbuka," kata dia.

Dia menjelaskan keterbukaan PDI-P berupa masih memungkinkan untuk membuka kesempatan dari tokoh masyarakat tapi harus mengikuti mekanisme yang sudah ditentukan partai yakni harus melalui fit and proper test.

"Di sana (fit and proper test) kan juga bisa dibaca nanti ini orang ini meski tidak ber-KTA tetapi afiliasinya ke mana," ujar dia.

Selain dapat mengetahui afiliasi bakal calon, juga dapat diketahui apakah kandidat tersebut memiliki andil dalam pemilu entah berupa saran, atau sampai ikut gerakan.

"Yang jelas kalau lihat mekanisme pendaftaran kan bulan Mei mulai ada pendaftaran kalau nggak salah, mungkin April kita mulai ada siapa namanya, ada penjaringan," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/13/125251078/pilkada-2024-gerindra-diy-mulai-munculkan-nama-pdi-p-masih-fokus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke