Salin Artikel

Mercon yang Meledak dan Melukai 4 Orang di Bantul Dibubuhi Batu Kerikil

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mercon yang meledak dan melukai empat orang di Gedongsari, Wijirejo, Pandak, Bantul, DI Yogyakarta, pada Minggu (10/3/2024) petang, dibubuhi batu kerikil.

Hal ini terungkap setelah polisi meminta keterangan dari S alias Kepung, pemilik mercon yang menjadi salah satu korban dalam kejadian ledakan itu.

"Dari keterangan korban obat mercon yang meledak tersebut terdiri dari satu paket pupuk klengkeng, boster, lirang dan bron ditambah batu krikil," kata Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana saat dihubungi melalui telepon, Minggu (10/3/2024) malam.

Menurut Jeffry, racikan itu untuk membuat mercon banting. Obat mercon dibeli dari toko online.

Sepaket obat mercon dibeli sejak sebulan lalu, dan baru diracik oleh S.

"Obat mercon tersebut dibeli secara online seharga Rp 100.000, lewat korban SI," kata Jeffry.

"Penyebab timbulnya ledakan belum diketahui," ucap dia.

Sebelumnya, ledakan yang dipicu oleh mercon terjadi di sebuah rumah di Padukuhan Gedongsari RT 07, Kalurahan Wijirejo, Pandak, Bantul, DI Yogyakarta, pada Minggu (10/3/2024) petang. Akibatnya empat orang terluka.

Jeffry menyampaikan, kejadian ini bermula saat seorang warga mendengar ledakan keras dari rumah milik S (35) alias Kepung di Padukuhan Gedongsari sekitar pukul 17.40 WIB.

Warga melihat empat orang korban tergeletak yakni S pemilik rumah bersama tiga orang lainnya, FA(15) , SI (36), dan AW (12) warga Gedongsari,

"Empat orang korban yang sebagian tergeletak di lantai, dan menurut keterangan dari saksi diduga penyebab ledakan karena ledakan dari obat mercon," kata Jeffry saat dihubungi wartawan melalui telepon Minggu.

Keempatnya dilarikan ke rumah sakit, untuk S, SI, dan AW dilarikan ke RS PKU Bantul. Sementara FA dilarikan ke RS UII Bantul.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/11/071045978/mercon-yang-meledak-dan-melukai-4-orang-di-bantul-dibubuhi-batu-kerikil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke