Salin Artikel

Update Kasus Bingkisan Hajatan di Gunungkidul: 110 Warga Bergejala Keracunan, 34 Lainnya Rawat Inap

Sekitar 30-an warga bahkan masih dirawat di berbagai fasilitas kesehatan. 

Hal itu diduga buntut dari bingkisan hajatan yang dibagikan saat syukuran sepasaran.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Sidiq Hery Sukoco menyampaikan, total ada 110 warga yang mengalami gejala dan memeriksakan di sejumlah fasilitas kesehatan hingga dokter mandiri. 

Warga yang harus menjalani rawat inap imbuhnya sebanyak 34 orang.

Mereka dirawat di fasilitas kesehatan, klinik pratama, puskesmas, RSUD negeri dan swasta.

"Saat ini jumlah populasi kita belum bisa menentukan tetapi berdasarkan laporan yang masuk total ada 110 warga yang memeriksakan baik di Puskesmas, Klinik, maupun RSUD Wonosari," kata Sidiq dalam rilis Pemkab Gunungkidul Kamis (7/3/2024) petang. 

Bupati jenguk korban keracunan

Hery mengatakan, Dinas Kesehatan tengah melakukan penyelidikan epidemiologi dan sampel makanan.

Tim kader kesehatan dari Dinas Kesehatan juga sudah terjun ke lokasi kejadian untuk memberikan edukasi terkait tindakan awal kepada para warga.

"Sampel makanan sudah kita bawa ke laboratorium untuk kita teliti," kata dia. 

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta juga datang langsung ke Puskesmas Semin I untuk mengecek kondisi terkini warga yang keracunan

Salah satu warga yang dirawat saat ditanya Bupati pun mengaku merasa mual, pusing dan muntah. 

"Untuk saat ini sudah tertangani dengan baik, semoga beberapa hari ke depan dapat lekas membaik untuk warga yang dirawat saat ini," kata Bupati. 

Bingkisan hajatan syukuran sepasaran

Terkait dengan penyebab keracunan, pihaknya belum dapat memastikan lantaran Dinas Kesehatan masih melakukan pengecekan labolatorium.

"Saya mengimbau ke depannya seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan baik bahan makanannya, proses memasaknya, sampai saat makannya agar tidak terjadi hal serupa seperti ini," ucap Bupati.

Sebelumnya, puluhan warga Padukuhan Kalitekuk, Kalurahan Kalitekuk, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta, diduga keracunan. Mereka dilarikan ke sejumlah rumah sakit. 

Menurut Lurah Kalitekuk Waluya, warga mengalami keracunan diduga setelah mendapatkan bingkisan hajatan warga yang mengadakan syukuran sepasaran.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/07/212652778/update-kasus-bingkisan-hajatan-di-gunungkidul-110-warga-bergejala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke