Salin Artikel

Gelombang Tinggi di Pantai Selatan, Sebagian Nelayan Gunungkidul Tak Melaut

"Tadi ada dua kapal yang berangkat, dan sudah pulang. Yang lain tidak berani melaut," kata Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Surisdiyanto saat dihubungi melalui telepon Minggu (3/3/2024).

Dijelaskannya, kondisi gelombang laut sudah diprediksi sejak beberapa waktu lalu. Pihaknya sudah mengimbau kepada nelayan untuk berhati-hati saat melaut.

Dari informasi BMKG, tinggi gelombang di Perairan Yogyakarta berkisar antara 2,5 - 4,0 meter atau tergolong tinggi. Sehingga sejak pagi puluhan tim SAR sudah disiagakan.

Di Kawasan pantai Kukup misalnya, pihak Satlinmas sudah melakukan imbauan melalui pengeras suara. Dari video yang dikirimkan kepada Kompas.com sejumlah wisatawan berlarian menghindari gelombang tinggi.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Marjono menambahkan bahwa gelombang tinggi akan berangsur membaik. 

"Kami terus mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk mematuhi imbauan," kata dia.

"Asal mematuhi imbauan petugas, wisata di pantai Gunungkidul aman," ungkapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/04/081321978/gelombang-tinggi-di-pantai-selatan-sebagian-nelayan-gunungkidul-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke