Salin Artikel

Cerita Ismu Didatangi Dua Ular, Satu Ekor Muncul di Kamar, lalu yang Lain Muncul di Ruang Tamu

Keberadaan ular mengejutkan penghuni, Ismu Rahayu (40), yang baru mengurus dapur dan membersihkan rumah.

Pemadam kebakaran bertindak begitu menerima laporan tersebut. 

"Ular itu lari ke pojokan kamar. Kalau menangkap sendiri, saya tidak berani. Saya menunggu damkar," kata Ismu di rumahnya, Jumat (1/3/2024) siang.

Kejadian bermula saat Ismu baru saja menyelesaikan pekerjaan rumah dan mandi. Saat itu, anaknya, Eza (1), tidur di depan TV ruang tengah. Mereka tinggal sendiri di rumah, sementara suami tugas ke luar kota. 

Selesai mandi, Ismu langsung masuk kamar tidur. Seketika itu ia melihat ular hitam di antara kasur dengan dinding. 

Ismu menceritakan, ia langsung menelepon suaminya. Kabar itu diteruskan ke pemadam kebakaran. 

IRT ini lalu menutup pintu ruang tamu dan mengawasi kamar tidur dari ruang tengah. Sambil menunggu, tiba-tiba ada ular lain di pintu ruang tamu yang baru saja ditutup.

"Saya minta bantuan keponakan yang tinggal di sebelah untuk mengatasi ular yang ada di pintu depan," kata Ismu. 

"Ular yang satunya (dalam kamar) tidak berani," kata Febrian.

Saat tiba di lokasi, Petugas Damkar, Slamet Riyadi langsung mengecek ular yang sudah mati di pintu depan rumah. Dia mengatakan ular tersebut merupakan ular cecak atau lycodon capucinos.

Lalu Slamet mencari ular yang berada di kamar tidur. Ia menemukan ular sendok Jawa atau nana sputatrix terjepit kasur. Ular kobra ini berbisa tinggi sehingga penanganan sangat hati-hati.

"Saya cari selang beberapa menit akhirnya ketemu ternyata ularnya di samping kasur yang buat tidur orang rumah. Penanganannya harus hati-hati hingga akhirnya ular berhasil saya tangkap," kata Slamet.

Kata Slamet, banyak ular masuk ke rumah untuk mencari makan. Ia menceritakan, belum lama ini mengevakuasi ular hijau dari rumah warga yang tidak jauh. 

"Mungkin karena suhu panas dan berburu makanan. Seperti ular cecak memang sering ketemu di dalam rumah karena berburu cecak. Pastinya ular sampai masuk rumah karena tersedianya makanan ular tersebut," kata Slamet.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/03/01/233805878/cerita-ismu-didatangi-dua-ular-satu-ekor-muncul-di-kamar-lalu-yang-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke