Salin Artikel

Berenang ke Tengah Pantai Selatan, WN Australia Dipaksa Tim SAR Kembali ke Darat

Peristiwa itu terjadi di pantai Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar pukul 06.30 WIB.

“Kita tidak pandang siapa pun, sekiranya berenang terlalu ke Selatan, ya kita imbau (minta) kembali,” kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko melalui pesan singkat, Rabu (28/1/2024).

WN Australia itu mengaku sedang mendapatkan tugas untuk berlatih dengan tentara Indonesia dalam waktu dekat. DIa menginap di hotel tak jauh dari pantai Glagah. 

“Setiap pagi dan sore selalu ke pantai,” kata Aris.

“Dia baru dua hari ini bermain air,” kata Aris kemudian.

Wisatawan memang dilarang mandi di sepanjang pantai Selatan Jawa pada wilayah Kulon Progo. Kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan air. 

Fenomena itu terjadi karena Pantai Glagah berada di pesisir selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Arus deras dan tidak menentu dapat menarik manusia ke tengah laut hingga tenggelam.

Karenanya, wisatawan yang datang ke sana dilarang mandi atau bermain air di luar garis aman pantai karena sangat berbahaya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/28/162946578/berenang-ke-tengah-pantai-selatan-wn-australia-dipaksa-tim-sar-kembali-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke