Salin Artikel

Saat Suami Istri Dikukuhkan Menjadi Guru Besar UGM secara Bersamaan...

Bagimana tidak, Prof Muslikhin Hidayat dan Prof Ria Millati merupakan suami istri yang secara bersamaan dikukuhkan sebagai guru besar UGM.

Prof Muslikhin Hidayat merupakan guru besar dalam bidang Rekayasa Sistem pada Fakultas Teknik. Sedangkan Prof Ria Millati merupakan guru besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian.

Upacara pengukuhan keduanya menjadi guru besar digelar di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (27/02/2024).

Di pengukuhan guru besar ini, Prof Muslikhin Hidayat menyampaikan pidatonya yang berjudul "Peran Process System Engineering dalam Perancangan Proses dan Produk di Industri Kimia".

Sedangkan sang istri, Prof Ria Millati menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Potensi Biorefinery Limbah Industri dan Pertanian Berbasis Anaerobic Digestion untul Menghasilkan Energi dan Produk Bahan Kimia".

Di dalam pidatonya Prof Muslikhin Hidayat menyampaikan 27 tahun menjalani rumah tangga bersama sang istri Prof Ria Millati. Suka duka dalam kuliah dan membesarkan buah hati dilewati bersama-sama.

"Untuk pendamping hidup Saya Ria Millati atas cinta kasih sayang tiada bersyarat dalam meniti perjalanan rumah tangga yang sudah memasuki tahun ke 27 yang senantiasa taat dan setia membersamai dalam suka maupun duka, dalam kuliah, merawat dan membesarkan anak, dan juga meraih guru besar bersama kali ini," ujar Prof Muslikhin Hidayat dalam pidato pengukuhan guru besar UGM, Selasa (27/02/2024).

Ucapan terima kasih, lanjut Prof Muslikhin Hidayat, tidak akan cukup untuk membalas cinta, kasih sayang dan support yang diberikan sang istri selama 27 tahun menjalani hidup bersama.

"Ucapan terima kasih tidak cukup, semoga Allah yang akan membalas memberikan balasan jauh lebih baik dan menjaga keluarga kita," ungkapnya.

"Saya baru menyadari betapa kita memang ditakdirkan untuk bersama, kuliah bersama, lulus bersama dan sekarang menjadi guru besar bersama," ucapnya.

Moment ini bagi Prof Ria Millati serasa mimpi. Prof Ria Millati pun berterimakasih kepada anak-anaknya yang telah mendoakan selama ini.

"Sungguh serasa berdiri di puncak dunia, seandainya ini mimpi saya tidak ingin terbangun. Betapa saya sangat bersyukur dan bahagia bahwa ini adalah kenyataan, bersama anak-anak kita. Terima kasih kepada anak-anak ku tersayang untuk doanya kepada bapak dan ibu," tuturnya.

Prosesi pengukuhan awalnya tak bersamaan

Prof Muslikhin Hidayat menceritakan proses pengukuhan guru besar awalnya tidak direncanakan secara bersamaan dengan istrinya.

Sebab menurut pria kelahiran Jepara ini untuk pengajuan jabatan guru besar dirinya dilakukan pada akhir 2021. Sementara sang istri pengajuan guru besar pada awal 2023.

Meski demikian, Muslikhin Hidayat mengaku dirinya dan sang istri tidak memasang target untuk dikukuhan sebagai guru besar. Dirinya dan istri hidup mengalir menjalani yang ditakdirkan Yang Maha Kuasa.

"Kita tidak pernah pasang target, pokoknya mengalir saja, namun Tuhan mentakdirkan SK turunnya di waktu yang hampir bersamaan. Akhirnya kita putuskan pengukuhan bareng. Bersyukur ternyata universitas memfasilitasi," ucapnya.

Prof Muslikhin Hidayat dan Prof Ria Millati merupakan teman satu angkatan saat kuliah S1 prodi Teknik Kimia UGM.

Setelah lulus, Muslikhin mendaftar menjadi dosen di Fakultas Teknik. Sedangkan Ria Millati mendaftar di Fakultas Teknologi Pertanian.

"Secara kebetulan, kita sama-sama menempuh pendidikan S3 di Swedia. Kita sama-sama kembali kuliah bareng," ungkap Prof Ria Millati.

Prof Ria Millati juga mengaku dirinya dan suami tidak memikirkan akan dikukuhkan guru besar UGM.

Selama ini dirinya dan suami selalu berusaha untuk mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga dengan hati ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu dari apa yang sudah dikerjakan.

"Kita berusaha pokoknya apa yang di depan mata kita lakukan dengan sebaik-baiknya dan yang penting ikhlas ya. Kita juga enggak pernah memikirkan kalau kita akan menjadi guru besar bersama seperti hari ini. Jadi itu tadi pokoknya yang kita kerjakan di depan mata kita kerjakan sebaik-baiknya," ucapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/27/165817878/saat-suami-istri-dikukuhkan-menjadi-guru-besar-ugm-secara-bersamaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke