Salin Artikel

Anak Disabilitas di Gunungkidul Dirundung Teman Sekolah hingga Jarinya Patah

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -Seorang siswa kelas 7 SMP Negeri di Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta menjadi korban dugaan perundungan hingga menyebabkan jari kelingkingnya patah.

Saat ini korban dirawat di RSUD Wonosari dan rencananya akan dioperasi.

Orangtua korban, Wasido menceritakan, peristiwa itu terjadi pada hari Rabu (21/2/2024) siang selepas dzuhur.

Dari informasi yang diterimanya, anaknya yang disabilitas sejak lahir dengan tangan hanya satu sering menerima ejekan dari teman-temannya di kelas 7 SMP negeri di Kapanewon Wonosari.

Sebagai orangtua, sebenarnya sudah sering mengingatkan anaknya untuk melaporkan ke guru jika mengalami perundungan.

"Katanya saling ejek, anak saya cacat dari lahir diejek temannya. Mungkin anak saya nggak terima atau gimana terus terjadi perkelahian, detail kurang tau," kata Wasido ditemui di RSUD Wonosari, Kamis (22/2/2024).

Dijelaskannya, tangan anaknya dipuntir sehingga jari kelingkingnya patah.

Oleh pihak sekolah, korban dibawa ke RSUD Wonosari untuk mendapatkan perawatan. Dari keterangan dokter harus dioperasi untuk pemasangan pen.

"Hari ini anak saya sebenarnya mau dioperasi namun saat akan dioperasi anak saya batuk, dan ditunda dulu. Nanti akan ditindaklanjuti lagi," kata Wasido.

Wasido mengaku sudah bertemu dengan pihak sekolah dan orangtua pelaku. Pihaknya hanya ingin yang terbaik untuk anaknya yang berusia 13 tahun ini.

Sebagai buruh bangunan, dirinya mengaku sulit untuk membayar biaya rumah sakit, karena tidak tahu dicover BPJS atau tidak.

"Tadi sudah ketemu di sekolah, tapi belum tau kedepannya seperti apa. Apakah mau saya laporkan ke pihak kepolisian atau tidak," kata Wasido.

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul Nunuk Setyowati mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan mengenai dugaan perundungan itu. Dirinya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah.

"Nanti akan segera kami tindaklanjuti," kata Nunuk. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/22/172356978/anak-disabilitas-di-gunungkidul-dirundung-teman-sekolah-hingga-jarinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke