Salin Artikel

Ada Program Sarapan dan Makan Siang Gratis di Gunungkidul, Tiga Kelompok Ini Penerimanya

Awalnya program makan siang gratis itu menyasar 2.506 lansia dan anak terlantar. Namun, ada pengurangan 726 orang. 

Salah satu penyebab pengurangan karena penerima manfaat telah meninggal. 

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nurudin Araniri mengatakan program makan gratis tersebut disalurkan dua kali sehari senilai Rp 30.000. 

"Progam kita mulai tanggal 5 Februari hingga 5 Maret 2024," kata dia dalam rilisnya, Selasa (20/2/2024). 

Dijelaskannya, makan gratis itu terdiri dari nasi lauk pauk, sayur, buah, dan air mineral. Anggaran program ini bersumber dari APBD senilai Rp 2,3 milyar untuk 18 Kapanewon.

Dia mengatakan makanan disiapkan oleh masyarakat dan langsung diantar ke rumah-rumah warga. 

"Setiap hari ada kurir yang bertugas mengantar langsung kerumah-rumah. Dan ini sudah terakomodir di masing- masing kapanewon," katanya. 

"Makanan yang disalurkan dalam keadaan fresh, yang dimasak ‘dadakan’, yang tentunya mengandung gizi yang baik. Jangan sampai ada kesalahan bisa viral nanti," kata dia.

Lurah kalurahan Petir, Rongkop Sarju mengatakan di wilayahnya terdapat 107 penerima manfaat program makan gratis. Dia menyebut ada lima orang kurir yang akan melakukan pengantaran kepada warga di seluruh Kapanewon Rongkop.

"Untuk Rongkop makanan dimasak oleh kader posyandu, PKK dimasak secara bergantian mereka memanfaatkan dapur kalurahan sekaligus menyimpan bahan makanan," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/20/220607478/ada-program-sarapan-dan-makan-siang-gratis-di-gunungkidul-tiga-kelompok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke