Salin Artikel

Pemilu di Gunungkidul: Surat Suara Kurang dan 14 Warga Jakarta Ingin Mencoblos Tanpa Pindah TPS

Di antaranya surat suara kurang, petugas KPPS sakit, dan belasan warga DKI Jakarta ingin ikut pencoblosan meski tak masuk DPT.

Ketua KPU Gunungkidul Asih Nuryanti mengakui rilis Bawaslu DIY terkait puluhan TPS kekurangan surat suara. Dia menduga petugas sortir KPU salah hitung, padahal pengawasan sudah dilakukan dengan maksimal.

"TPS yang surat suaranya kurang semua dapat terlayani, hal itu dilakukan dengan pergeseran surat suara sekitarnya, ataupun TPS lain yang justru mengalami kelebihan," kata Asih saat ditemui kompas.com di Kantor KPU Gunungkidul, Kamis (15/2/2024).

Dikatakannya secara umum pemilu kemarin berjalan dengan lancar, meski ada beberapa kendala di lapangan.

Salah satunya di TPS 1 Pilangrejo, Kapanewon Nglipar. TPS tersebut didatangi sekitar 14 warga DKI Jakarta yang sedang takziah dan sedikit memaksa ingin mencoblos.

Namun, sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang ada, mereka tetap tidak diperbolehkan karena tak mengurus pindah TPS.

"Karena memang mereka tidak berhak, haknya TPS DPT sesuai regulasi," kata Asih.

Selain itu, ada laporan lima orang petugas KPPS sakit saat bertugas. Di antaranya di Paliyan dua orang, Nglipar dua orang, dan Semin satu orang. Namun mereka langsung ditangani petugas medis, dan sudah diperbolehkan pulang.

Asih mengatakan, kendala yang sempat sedikit menggangu yakni listrik padam di beberapa Kapanewon. Namun dengan kesigapan petugsa PLN langsung bisa diatasi.

"Ada yang sempat listrik padam seperti di Semin, Girisubo, Gedangsari, dan Semanu. Namun bisa langsung diatasi tidak lama," kata dia.

Sebelumnya, Bawaslu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan adanya puluhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kekurangan surat suara sampai ratusan lembar. Anehnya, kekurangan surat suara di puluhan TPS di Gunungkidul ini dengan nominal angka bulat seperti 100 dan 50 lembar.

Ketua Bawaslu DIY, Mohammad Najib mengatakan, selama proses pencoblosan terdapat beberapa catatan dari Bawaslu DIY kepada penyelenggara pemilu yakni KPU. Salah satunya adalah ditemukannya TPS yang kekurangan surat suara dengan jumlah yang cukup banyak dan angka bulat yakni100 surat suara.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/15/120151778/pemilu-di-gunungkidul-surat-suara-kurang-dan-14-warga-jakarta-ingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke