Salin Artikel

Jelang Pencoblosan, Sri Sultan HB X: Jangan Golput

Soal pilihan siapa yang akan dicoblos, Sri Sultan menyerahkan hal tersebut kepada masing-masing individu.

"Seluruh warga masyarakat khususnya di DIY, saya ingatkan tanggal 14 februari besok pagi untuk tetap bisa melaksanakan kewajibannya yaitu datang ke TPS. Tentu kami serahkan sepenuhnya pilihan yang bapak ibu lakukan pada waktu berada di TPS," kata Sri Sultan, Selasa (13/2/2024).

Sri Sultan menambahkan, Pemilu merupakan peristiwa untuk masa depan bagi bangsa dan negara.

"Gunakan hak pilihnya saudara, jangan golput tentukan pilihan sesuai dengan keyakinan saudara-saudara sekalian. Selamat dalam melaksanakan pemilu besok pagi, tentukan pilihan untuk 5 tahun ke depan bagi bangsa dan negara di Indonesia. Selamat melaksanakan kewajiban," kata dia.

Diketahui, rencananya, Sri Sultan akan memberikan hak pilihnya di TPS 12 Panembahan, Keraton, Kota Yogyakarta.

"Beliau akan megunakan hak pilihnya dan biasanya sudah datang pukul 06.40 untuk melihat bagaimana proses persiapan KPPS 12 melakukan persiapan. Jadi beliau biasanya mirsani (melihat) persiapan dan pengambilan sumpah janji KPPS oleh Ketua KPSS 01," ujar Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamudro, Selasa (13/2/2024).

Daftar pemilih tetap

Harsya menambahkan, Sultan nantinya akan datang bersama istrinya yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, putri-putri Keraton, dan juga menantu.

"Kemudian beliau akan menjadi pemilih nomor 1 ketika pukul 07.00 WIB, kemudian Gusti Kanjeng Ratu Hemas, putro mantu, kemudian akan menjadi pemilih sekitar nomor satu hingga nomor 11," kata dia.

Khusus bagi putri pertama Sultan, Gusti Mangkubumi dan Kanjeng Pangeran Wironegoro akan menggunakan hak pilihya di Dalem Suryo Condro.

Untuk total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tempat Sultan mencoblos ada sebanyak 283 pemilih.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/13/123641378/jelang-pencoblosan-sri-sultan-hb-x-jangan-golput

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke