Salin Artikel

Sampaikan Sikap, UPN Veteran Yogyakarta Serukan Pemilu Tanpa Intervensi dan Provokasi

Kali ini, giliran sivitas akademika Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta angkat bicara.

Pernyataan sikap sivitas akademika UPN Veteran Yogyakarta itu dibacakan oleh guru besar, Prof. Dr. Ir. Conradus Danisworo, Rabu (7/2/2024).

Hadir di acara pembacaan pernyataan sikap yang digelar di halaman gedung rektorat kampus I UPN Veteran Yogyakarta, jajaran rektorat, dosen, mahasiswa, staf hingga alumni. 

Ada empat poin yang diserukan dalam pernyataan sikap sivitas akademika UPN Veteran Yogyakarta.

Pertama, mengajak segenap komponen bangsa untuk bersatu demi terselenggaranya pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. 

"Kedua, menghargai hak pilih setiap warga negara tanpa intervensi dan provokasi yang dapat memecah belah negara kesatuan republik Indonesia  dan mencederai pesta demokrasi," ujar Prof Conradus saat membacakan pernyataan sikap.

Poin ketiga, sivitas akademika UPN Veteran Yogyakarta menyeru kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat menganggu jalanya pemilu. 

"Keempat, mengimbau kepada seluruh warga negara yang mempunyai hak pilih agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani," kata dia. 

Conradus mengatakan, dua sesanti UPN Veteran Yogyakarta yakni Widya Mwat Yasa dan semangat Dharma Eva Hatto Hanti menjadi landasan dalam pernyataan sikap ini. 

"Sebagai lembaga yang didirikan oleh pejuang kemerdekaan RI maka sudah selayaknya kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa  demi terselenggaranya pemerintahan yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ucapnya. 

Guru besar bidang Geologi ini menegaskan, pernyataan sikap yang disampaikan murni dari sivitas akademika UPN Veteran Yogyakarta. 

"UPN terkenal sebagai kampus bela negara, yang tentunya kami punya semangat nilai-nilai kejuangan. Kami tidak menerima pesanan dari manapun, ini adalah betul-betul murni dari sivitas UPN Veteran," tandasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/07/191821078/sampaikan-sikap-upn-veteran-yogyakarta-serukan-pemilu-tanpa-intervensi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke