Salin Artikel

Kejati DIY Selesai Lakukan Penelusuran "Snack Lelayu" KPPS Sleman, Berikut Hasilnya...

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan telah selesai melakukan penelusuran terhadap kasus "snack lelayu" saat pelantikan KPPS Sleman beberapa waktu lalu.

Kasi Penkum Kejati DIY Herwatan mengatakan, dari hasil penelusuran informasi harga snack untuk 24.199 anggota KPPS Sleman yang dilantik memang benar adanya sebesar Rp 2.500.

"Saya sudah menanyakan ke tim yang menelusuri, di mana benar adanya snack dalam acara pelantikan KPPS Sleman harganya hanya Rp 2.500 untuk 24.199, hal ini tidak sesuai dengan kesepakatan antara KPU dengan vendor PT Jujur Kinaryo Projo," ujarnya saat dihubungi, Kamis (1/2/2024).

Ia mengungkapkan, kesepakatan antara PT Jujur Kinaryo Projo dengan KPU Sleman adalah snack seharga Rp 15.000 per orang untuk total 24.199 orang dengan spesifikasi snack 4 macam.

Herwatan menambahkan, atas kejadian tersebut KPU Sleman sudah memanggil pihak vendor dengan disaksikan lurah, dan Jogoboyo.

Diketahui vendor telah mensubkan pengadaan snack ke Cathering Shinta dengan harga Rp 2.500 per orang.

"Oleh karena pengadaan snack ini tidak sesuai dengan kesepakatan, pihak KPU Sleman telah memutus kontrak dengan PT Jujur Kinaryo Projo dan pihak KPU Sleman belum membayarkan sepeser pun kepada vendor, sehingga keuangan negara belum ada yang dikeluarkan," kata dia.

Lanjut dia, karena belum membayarkan kepada pihak vendor sehingga belum ada indikasi ke arah penyimpangan penggunaan keuangan negara.

"Namun demikian Kejati DIY akan terus memonitor terhadap penggunaan keuangan negara khususnya penggunaan keuangan negara dalam pengadaan snack acara pelantikan KPPS Sleman," ucap dia.

"Benar penelusuran sudah selesai, selanjutnya Kejati DIY memonitor terhadap penggunaan keuangan negara khususnya anggaran penggunaan keuangan negara dalam pengadaan snack acara pelantikan KPPS Sleman," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, unggahan soal isi snack saat pelantikan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang disebutkan tidak jauh berbeda dengan makanan ringan lelayu viral di media sosial.

Salah satu akun yang mengunggahnya yakni @yourfutureasset.

"Sekelas KPU kabupaten menyediakan konsumsi untuk pelantikan KPPS serentak se-kabupaten seperti ini ? Sudah tidak ada uang transport dan makan siang. snack tidak jauh beda dengan snack di lelayu," tulisnya.

Pihak KPU Sleman pun sudah memberikan penjelasan.

Lebih lengkap terkait penjelasan KPU dapat disimak di sini.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/02/01/210417978/kejati-diy-selesai-lakukan-penelusuran-snack-lelayu-kpps-sleman-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke