Salin Artikel

Bertemu Jokowi Empat Mata, Sultan: Hanya Kongko

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi pada Minggu (29/1/2024).

Saat ditemui, Ngarsa Dalem enggan membocorkan apa yang dibicarakan dengan Presiden Jokowi. Sultan mengaku pertemuan dengan Presiden hanya sebatas kongko.

"Ya masa saya cerita (isi pertemuan dengan Jokowi), ya kongko-kongko diskusi saja seperti yang lain," ujar Sultan saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (30/1/2024).

Saat disinggung mengapa pertemuan Jokowi dengan Sultan menjelang pencoblosan, menurut Sultan, Presiden sempat datang untuk bertemu baru kemarin.

"Ya, Presiden datang kemarin," katanya.

"Belum baru kemarin ini," imbuhnya.

Namun, Sultan juga mengaku ada pembahasan khusus dengan Presiden, tetapi dia enggan membocorkannya. Ngarsa Dalem juga sempat berbicara situasi politik dengan Presiden Jokowi.

"Ya jelas ada (pembicaraan khsusus), iya ya (berbicara situasi politik) dari pengamatan saja," kata Sultan.

Berita sebelumnya, Presiden Jokowi dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X bertemu empat mata di Keraton Kilen Yogyakarta pada Minggu (28/1/2024).

Menantu Sultan HB X, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro, mengatakan, pertemuan antara Sti Sultan HB X dan Presiden Jokowi adalah hal yang biasa. Sebab, saat Jokowi datang ke Yogyakarta sering melakukan silaturahmi dengan Sultan.

"Bertemunya berdua saja," imbuh dia.

Menurut KPH Noto, pertemuan empat mata antara Jokowi dengan Sultan sudah beberapa kali terjadi.

Ia mencontohkan, saat Lebaran Presiden Jokowi bersama keluarga datang ke Keraton dan disambut dengan keluarga Sultan. Namun, saat ini Jokowi datang sendiri dan ditemui langsung oleh Sultan.

"Beberapa kali bertemunya berdua saja," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/29/094822678/bertemu-jokowi-empat-mata-sultan-hanya-kongko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke