Salin Artikel

Ganjar Tak Merasa Dikuntit Jokowi Kampanye di Kandang Banteng

KULON PROGO, KOMPAS.com – Calon Presiden RI Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo tanggapi kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jokowi bahkan sempat bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta.

Sebelumnya, Jokowi dinilai menguntit Ganjar yang sedang kampanye di kandang banteng. Sinidiran ini disampaikan Butet Kartaredjasa dalam pantun yang dibacakannya di kampanye akbar Ganjar "Hajatan Rakyat" di Kulon Progo, Minggu (28/1/2024).

“Setiap Ganjar datang, lalu ada yang ngintili (mengikuti). Saat Ganjar datang menemui kita, kemarin sudah ada yang ngintili (ikut)," kata Butet.

Ganjar menanggapi santai kedatangan Jokowi dan pertemuan itu sebagai bagian dari tugas kepala negara.

“Presiden dan menteri-menteri datang ke tempat lain ya dalam rangka melaksanakan tugas,” kata Ganjar usai menghadiri Hajatan Rakyat Yogyakarta di alun-alun Wates, Jumat (28/1/2024).

Menurutnya, ia juga tidak merasa dikuntit saat tiba untuk kampanye di kandang Banteng.

Sehari sebelum kampanye Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah, Jokowi rupanya juga melakoni kunjungan di kandang banteng dengan alasan memantau program bantuan sosial.

“Saya sih eggak, apalagi merasa dikuntitin. Pak Jokowi itu kan friend sama saya. Dulu kami bareng kami bersama kami satu partai. Enggak lah,” katanya.

“Jangan-jangan beliau datang malah menguatkan saya nanti,” katanya.

Terkait pertemuan Jokowi dengan Sultan, Ganjar mengungkapkan kalau sowan adalah hal biasa seperti dilakukan banyak orang berpengaruh menemui Sultan.

"Karena kapasitas beliau sebagai sesepuh sebagai raja, ya kearifan-kearifan yang disampaikan,” katanya.

Ganjar pun menceritakan, dirinya sempat bertemu dengan Sultan belum lama ini. Mereka berdiskusi serius tentang persoalan bangsa, menjaga konstitusi, hingga menjaga reformasi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/29/085316178/ganjar-tak-merasa-dikuntit-jokowi-kampanye-di-kandang-banteng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke