Salin Artikel

Sambangi Ponpes An-Nur Bantul, Ganjar Bicara tentang Perjalanan Hidupnya, dari Jualan Bensin Eceran sampai Jadi Kernet

Ganjar sempat bercerita tentang pengalaman hidupnya hingga bercerita tentang proses dirinya hingga mencapai posisi saat ini. 

"Sebenarnya, ini sudah cukup lama saya mau ke sini tapi jadwalnya kok selalu tidak selalu pas. Jadi saya senang bisa hadir di sini," kata Ganjar di hadapan santri.

Ganjar datang ke An-Nur dengan mengenakan baju koko putih dan celana panjang cokelat.

Ia pun meminta izin untuk berdiri saat memberikan sambutan.

Saat berdiri Ganjar mendapatkan sorak sorai dari para santriwati.

"Ngadek wae dikeploki, kalian keplok-keplok ya ra entuk sepeda iki ngko (Berdiri saja dapat tepuk tangan, meskipun kalian tepuk tangap ya tidak dapat sepeda lho ini nanti)," katanya lagi.

Di hadapan hadirin, pasangan Mahfud MD ini menceritakan tentang perjalanan hidupnya. Dari sempat berjualan bensin eceran, ngojek, hingga jadi kernet. 

"Dadi kulo golek duit nggo bayar kuliah salah satunya mulang pencinta alam teng SMA Sewon (jadi saya cari duit untuk bayar kuliah salah satunya dengan mengajar pencinta alam di SMA Sewon)," kata dia.

"Hidup itu perjuangan, bro. Ada tingkatannya ora mlumpat, ora instan, ora iso, kecuali koe anake sopo (tidak melompat, tidak instan, kecuali kamu anak siapa)," kata Ganjar.

Soal anak siapa yang dimaksud, Ganjar langsung menjelaskan tentang maksud dirinya jika seumpama sebagai anak orang kaya.

"Misal anak orang kaya raya," kata dia.

Setelah berbicara kurang lebih 40 menit, Ganjar kemudian berkeliling menyalami santri Pondok Pesantren An-Nur.

Ganjar berjalan kaki dari Ponpes An-Nur menuju kampus IIQ. 

Sesampainya di kampus tersebut, mahasiswa yang berdiri juga membentangkan spanduk bertuliskan 'Wujudkan Janji Kampanye' dan 'Sejahterakan Pesantren'.

Perwakilan Mahasiswa IIQ An Nur Yudi Sipriadi mengatakan, mahasiswa ingin pendidikan utamanya untuk santri, pendidikan di pesantren lebih diperhatikan.

"Kami di sini mewakili mahasiswa-mahasiswa khususnya mahasiswa An-Nur ingin menyampaikan aspirasi dan saya mewakili teman-teman santri yang ada di sini tolong ketika nanti Pak Ganjar terpilih presiden pendidikan bagi santri bagi teman-teman di pesantren diperhatikan," kata dia. 

Mantap dukung Ganjar-Mahfud

Ganjar saat berjalan menuju kampus pun sempat menanggapi para mahasiswa. 

"Saya juga akan menagih janji bahwa saya akan menang mutlak dan kamu tanggung jawab," kata Ganjar. 

Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur, Ngrukem, Sewon, Bantul, KH Yasin Nawawi mengatakan, kebanggaan bagi pihaknya Ganjar mau datang ke Ponpes An-Nur. 

"Selain berpengalaman dalam administrasi pemerintah, ngemong rakyat ,dan didampingi pula oleh wakilnya Prof. Mahfud MD, sosok pendekar hukum yang tegas, sosok pendekar hukum yang tiada takut menegakkan kebenaran," kata Yasin.

Dikatakannya, dengan dasar itulah, dirinya mantap mendukung pasangan Ganjar-Mahfud dalam pilpres 2024. 

"Saya seluruh keluarga besar ponpes An-Nur menyatakan dengan ini pilihan kami sudah mantap untuk mendukung, mendoakan dan berusaha semaksimal mungkin agar pasangan Ganjar-Mahfud diridhoi oleh Allah SWT memenangkan Pilpres 2024," kata dia.

KH Yasin berharap jika Ganjar menang dalam pilpres bisa memberikan perhatian kepada Nahdatul Ulana (NU).

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/25/144450478/sambangi-ponpes-an-nur-bantul-ganjar-bicara-tentang-perjalanan-hidupnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke