Salin Artikel

Prabowo-Gibran Sowan Sultan HB X, Minta Izin "Masuk" Yogyakarta

KOMPAS.com - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, di Kantor Gubernur DIY, Senin (22/1/2024).

Usai menggelar pertemuan tertutup dengan Gubernur DIY, Prabowo mengatakan, pertemuan itu bertujuan untuk bersilaturahmi sembari meminta izin masuk ke wilayah Yogyakarta.

"Tadi hanya sowan, minta izin masuk ke daerah (DIY). Tadi dapat pandangan-pandangan beliau soal beberapa masalah, terutama masalah masa depan, masalah teknologi, dan sebagainya," kata Prabowo, dikutip dari TribunJogja.com.

Prabowo menambahkan, pihaknya pun meminta wejangan dari Sultan HB X terkait sejumlah persoalan.

"Beliau kasih wejangan-wejangan yang kami terima, juga minta pandangan beliau soal beberapa hal," ujar Prabowo.

Pernyataan Sultan HB X

Senada dengan Prabowo, Sultan HB X juga menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Prabowo-Gibran yang berlangsung selama satu jam itu membahas berbagai hal, namun tidak menyangkut hal yang macam-macam.

Dia pun mempersilakan Prabowo-Gibran berkampanye di wilayah Yogyakarta.

"(Pertemuan) Kami dengan Pak Prabowo, Pak Gibran, mengobrol saja ke sana ke mari, tidak ngomong macam-macam," ucap Sultan HB X.

Komitmen mendukung keistimewaan Yogyakarta

Ketua DPD Gerindra DIY, Danang Wicaksana Sulistya mengaku bersyukur karena pertemuan Prabowo-Gibran dengan Sultan HB X berjalan lancar.

Dia pun menegaskan, Partai Gerindra DIY berkomitmen untuk mendukung keistimewaan Provinsi Yogyakarta.

Dia pun masih ingat dengan pesan yang disampaikan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, bahwa dalam membangun Gerindra DIY perlu berhubungan baik dengan Keraton Yogyakarta.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul "Prabowo Sowan Sultan, Danang Wicaksana Ucapkan Terima Kasih, Ini Pesan Prabowo untuk Gerindra DIY"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/23/132732878/prabowo-gibran-sowan-sultan-hb-x-minta-izin-masuk-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke