Salin Artikel

Soal Gestur Gibran Saat Debat Cawapres, Butet: Saya Melihat Ada Anak Muda Tuna-etika

Rasa kecewa ini dirasakan Butet setelah Gibran Rakabuming Raka memberikan respons seolah-olah mencari jawaban cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

Lalu saat memberikan pertanyaan soal Ltihium Ferro Phospate (LFP), Gibran menyampaikan akan menghabiskan durasi bertanya jika Cak Imin membutuhkan penjelasan dari pertanyaan Gibran.

"Kekhawatiran saya terjadi. Saya melihat ada anak muda yang tuna-etika. Apa yang dia lakukan itu tampak betul sudah dipersiapkan hanya untuk melecehkan orang tua," ujar Butet ditemui di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Senin (22/1/2024).

Menurut Butet, apa yang diperlihatkan Gibran Rakabuming Raka tidak sepantasnya dilakukan di forum debat kelas nasional dan formal.

"Saya tidak tahu bagaimana orangtuanya membelajarkan etika. Saya tidak membayangkan kalau anak itu terpilih. Saya mempunyai pemimpin yang tidak punya adab seperti itu," kata dia.

Ia bercerita, dirinya yang juga sebagai orang yang selalu mengedepankan etika dan adab dalam mendidik anak-anaknya. Sehingga anak dapat menempatkan diri di waktu yang tepat. Seperti paham kapan harus bercanda, dan bebas berbicara.

"Ketika sebuah forum resmi forum kenegaraan diperlakukan dengan tuna adab seperti itu saya merasa ikut tersinggung dan kecewa," katanya.

Ia menduga apa gestur yang diperlihatkan Gibran bukanlah spontan tetapi sudah dipersiapkam sebelumnya.

"Saya kan aktor teater, natural sama gerakan yang dibikin-bikin, dan dipersiapkan tahu saya," ujar Butet.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/22/212052578/soal-gestur-gibran-saat-debat-cawapres-butet-saya-melihat-ada-anak-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke