Salin Artikel

Klaten KLB Polio, 149.821 Anak di Sleman Bakal Divaksin, Ini Jadwalnya...

Vaksinasi polio tersebut menyasar 149.821 anak berusia 0-7 tahun.

Langkah vaksinasi polio ini sebagai respons kejadian luar biasa (KLB) polio yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah. 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, daerahnya berpotensi terdampak penyebaran polio setelah Kabupaten Klaten ditetapkan KLB polio oleh Kementerian Kesehatan.

"Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan dan aparat lintas sektoral untuk segera melaksanakan imunisasi ini segera mungkin," ujarnya, Kamis (11/01/2024). 

Kustini menegaskan, akan terus melakukan monitoring terkait kasus polio di wilayahnya. Hal ini terkait geografis Sleman yang berdampingan dengan Kabupaten Klaten.

"Kita terus perhatikan perkembangan penyakit ini. Mau tidak mau, semua siaga dan memastikan imunisasi lanjutan ini dilakukan merata ke seluruh anak-anak di Sleman agar kebal dan tidak menularkan ke orang lain," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama menuturkan, vaksinasi tahap pertama akan digelar pada 15-20 Januari 2024. Kemudian putaran kedua pada 19-24 Februari 2024. 

Vaksin yang digunakan yaknni nOPV2. Hal ini sesuai dengan virus yang menjangkiti pasien anak dalam kasus di Klaten, yakni virus polio tipe 2. 

"Dengan pemberian vaksin ini, anak-anak akan kebal terhadap virus polio tipe 2, serta tidak bisa menularkan ke orang lain," tandasnya. 

Sasaran dari vaksinasi polio di Kabupaten Sleman sebanyak 149.821 anak. Vaksin akan diberikan kepada usia 0 sampai 7 tahun. 

Cahya memastikan tidak ada temuan kasus polio di wilayah Kabupaten Sleman.

Cakupan imunisasi inactivated poliovirus vaccine (IPV) di Kabupaten Sleman selama ini telah mencapai 98 persen. 

Nantinya pelaksanaan imunisasi akan dilaksanakan di posyandu, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar.

Vaksinasi polio dilakukan di seluruh wilayah Sleman yang terdiri dari 86 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/11/193505778/klaten-klb-polio-149821-anak-di-sleman-bakal-divaksin-ini-jadwalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke