Salin Artikel

Soal Debat Capres, Wapres Ma'ruf Amin: Dibanding Dulu Waktu Saya, Sekarang Lebih Hidup Perdebatannya

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pandangannya terkait jalanya debat ketiga tersebut. 

"Saya melihat perdebatannya bagus, terbuka," ujarnya usai mengunjungi kantor Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (9/1/2024). 

Ma'ruf lantas membandingan jalannya debat pada Minggu (7/1/2024) kemarin dengan sewaktu dirinya maju menjadi cawapres pada Pilpres 2019 silam.

Menurutnya debat ketiga pada Pilpres 2024 kemarin sudah lebih 'hidup'.

"Terutama yang sesi perdebatan, itu saya kira menarik. Dibanding dulu waktu saya, sekarang lebih hidup perdebatannya," tegasnya. 

Kendati demikian, Ma'ruf enggan memberikan komentar terkait substansi debat ketiga tersebut.

Ia menyerahkan soal substansi tersebut kepada masyarakat. 

"Saya kira masyarakat sendirilah, bagaimana ketika masalah substansinya itu, mana yang baik, mana yang kurang baik, mana yang bagus itu kan publik. Tidak etis kalau saya masuk ke substansi," pungkasnya. 

Mengusung tema pertahanan

Perlu diketahui, debat ketiga Pilpres 2023 pada Minggu malam diikuti oleh calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan; capres nomor urut 2 Prabowo Subianto; dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. 

Debat capres kedua itu digelar di Istora Senayan, Jakarta dengan mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. 

Dalam debat kemarin, memang beberapa kali ada terjadi adu argumen antarcapres mengenai visi-misi terkait tema yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/09/171151178/soal-debat-capres-wapres-maruf-amin-dibanding-dulu-waktu-saya-sekarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke