Salin Artikel

Warga Gemolong Sragen Pastikan Tidak Ada Penjagalan Anjing di Desanya

KOMPAS.com - Warga Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng), merasa resah usai kampungnya disebut sebagai tempat penjagalan anjing untuk konsumsi.

Tokoh masyarakat setempat, Sukino (42) mengatakan, kabar adanya aktivitas penjagalan anjing di desanya sudah terdengar sejak lama, bahkan sebelum dia lahir.

Akan tetapi, hingga saat ini, masyarakat belum pernah menemukan atau melihat langsung aktivitas penjagalan tersebut.

"Itu sebenarnya dari tahun saya belum lahir pun, masyarakat sini sudah nyari itu (penjagalan anjing), mencari dari desa-desa, kalau penjagalan kan sifatnya besar, tapi tidak pernah ada yang namanya penjagalan," kata Sukino, Jumat (29/12/2023), dikutip dari TribunSolo.com.

"Saya 42 tahun hidup baru dengar berita penjagalan ada di sini, ya baru minggu-minggu ini setelah viral di medsos," sambungnya.

Sukino pun menegaskan bahwa tidak ada penjagalan anjing desanya.

"Dengan berita itu malah membuat masyarakat di sini agak resah, selama ini tidak ada masalah, tahu-tahu ada berita seperti ini," ujar Sukino.

"Nyatanya di lapangan tidak ada, kalau memang ada penjagalan, ada tempatnya, ada operasionalnya setiap hari, di sini kan tidak ada," lanjutnya.

Menurutnya, kebanyakan warga desanya bekerja sebagai pengusaha, petani, dan merantau ke luar daerah.

"Saya juga bingung, kok yang disebut desa saya, kami juga ikut mantau, kami disudutkan, sebagai masyarakat tidak terima, karena pengaruhnya kepada masyarakat banyak," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul "Kampungnya Viral Disebut Jadi Tempat Penjagalan Anjing, Warga Gemolong Sragen Resah"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/12/30/184435378/warga-gemolong-sragen-pastikan-tidak-ada-penjagalan-anjing-di-desanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke