Salin Artikel

SAR Selamatkan Santri Ponpes Asal Madura yang Terseret Palung Pantai Parangtritis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Petugas menyelamatkan seorang wisatawan asal Madura, Jawa Timur yang terseret di area palung saat bermain air di Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (28/12/2023).

Wisatawan diimbau untuk tidak bermain air di area palung. 

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis, M Arief Nugraha menyampaikan peristiwa ini bermula saat korban berinisial R (13) bersama rombongan dari sebuah pondok pesantren menggunakan 4 bus ke Pantai Parangtritis sekitar pukul 11.25 WIB. Rombongan ini langsung menuju ke pantai dan bermain air. 

"Korban tidak sadar berada di palung dan terseret ke tengah," kata Arief saat dihubungi wartawan melalui telepon, Kamis.  

Beruntung, saat itu ada anggota Satlinmas, Ditpolair Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Basarnas yang sedang berjaga di Pantai Parangtritis sedang patroli dan mengetahui kejadian tersebut. Mereka langsung berenang menyelamatkan korban.

"Korban langsung dibawa ke pos SAR untuk pemeriksaan," kata dia.

Arief mengatakan, pihaknya mengimbau kepada wisatawan untuk mematuhi petugas, dan papan peringatan larangan berenang. Pihaknya tidak melarang bermain air, tetapi harus berhati-hati. 

"Sebagian besar korban laka laut itu karena nekat tidak mendengarkan petugas," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/12/28/183450278/sar-selamatkan-santri-ponpes-asal-madura-yang-terseret-palung-pantai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke