Salin Artikel

Menlu Retno Enggan Tanggapi soal Pengangkutan Paksa Pengungsi Rohingya di Aceh

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi enggan menanggapi demo mahasiswa di Aceh yang mengangkut paksa pengungsi Rohingya. Menlu tak menjawab saat ditanya terkait pengangkutan paksa pengungsi Rohingya.

"Makasih ya, makasih ya," ujar Retno saat ditanya terkait pengungsi Rohingya di Aceh setelah menyerahkan sertifikat warisan budaya UNESCO kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kamis (28/12/2023).

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa mengangkut paksa 137 pengungsi Rohingya yang ditampung di Balai Meuseraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh, Rabu (27/12/2023).

Para pencari suaka itu kemudian dibawa ke Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh dengan dua truk.

Aksi pengangkutan paksa ini sempat mendapat adangan dari sejumlah polisi yang berjaga di BMA. Namun, banyaknya mahasiswa yang datang membuat aparat tidak bisa berbuat banyak.

"Kita akan angkut paksa meskipun tidak diizinkan," kata Penanggung Jawab Aksi, T Warizar Ismandar di BMA.

Balai Meuseraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh, menjadi tempat penampungan pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh beberapa waktu lalu.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/12/28/112126178/menlu-retno-enggan-tanggapi-soal-pengangkutan-paksa-pengungsi-rohingya-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke