Salin Artikel

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Kasus Covid-19 di DIY Melonjak

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jelang libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menjelaskan, pada Selasa (19/12/2023) terjdi penambahan kasus positif Covid-19 yaitu sebanyak 14 kasus sehingga kasus Covid-19 di DIY total menjadi 61 kasus dan 1 kasus sembuh.

"Total kasus Covid-19 terakhir per Rabu ditambah 14 kasus menjadi 61 kasus. Satu kasus sembuh," ujar Pembajun saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (20/12/2023).

Ia merinci, 14 kasus tersebut tersebar di seluruh kabuaten dan kota di DIY, meliputi Sleman 5 kasus, Bantul 3 kasus dan kabupaten lain terdapat 2 kasus.

"Tetap pakai aplikasi nasional (data pasien Covid-19)," kata dia.

Dari 14 kasus ini beberapa dilakukan whole genome sequencing (WGS) bagi yang memiliki cycle threshold value (CT) di bawah 30.

"Pasti ada di bawah 30 (CT) masuk tapi belum ada laporan dari WGS belum keluar untuk hari ini," ucapnya.

Temuan kasus ini, menurut Pembajun, didominasi oleh dua hal yakni perjalanan dan pemeriksaan rumah sakit.

"Temuan kasus kebanyakan perjalanan dan ada yang merasa enggak enak badan terus pemeriksaan dirawat di rumah sakit," jelas dia.

"Kami imbau dan menyadarkan masyarakat prokes ditingkatkan dan booster," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan merekomendasikan masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 jelang libur Natal dan tahun baru. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta kini menunggu kiriman vaksin dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Waryono mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan untuk vaksinasi. Terlebih vaksin di Kota Yogyakarta saat ini kosong.

"Kita koordinasi dengan pusat karena nunggu instruksi apakah vaksin lagi. Vaksinasi masih nunggu pusat semua, vaksin masih nunggu pusat, karena kita tidak boleh membeli vaksin," ujarnya di Kota Yogyakarta, Senin (18/12/2023).

Menjelang Natal dan tahun baru ini, Dinkes Kota Yogyakarta menemukan satu kasus Covid-19. Satu orang ini dirawat di RS Wirosaban dan sudah disediakan ruang khusus.

"Kemarin hamil jadi perhatian khusus, pemeriksaan kandungan sekaligus skrining sekarang kan digalakkan skrining jadi kalau ada sesuatu diperiksa," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/12/20/123412578/jelang-libur-natal-dan-tahun-baru-kasus-covid-19-di-diy-melonjak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke