Salin Artikel

Jembatan Pandansimo yang Terpanjang di DIY Dibangun, Hubungkan Bantul dan Kulon Progo

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Jembatan terpanjang di DI Yogyakarta sudah mulai dibangun.

Pembangunan Jembatan Pandansimo di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, dengan panjang 1900 meter. 

Jembatan yang akan dipasang ornamen lokal dan Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dimulai groundbreaking, Senin (11/12/2023). 

Kepala Balai Besar Pengadaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta, Rien Marlia menyampaikan jembatan Pandansimo rangkain bagian jalur jalan lintas selatan (JJLS) atau jalur Trans selatan Jawa.

Total panjang jembatan nantinya 1900 meter dan akan selesai pada 31 Desember 2024.  

Anggaran untuk membangun jembatan akan menghubungkan Kapanewon Srandakan Kabupaten Bantul di sisi timur dan Kapanewon Galur Kulonprogo di sisi barat menghabiskan Rp414,8 miliar. 

"Jembatan Pandansimo ini dijadwalkan akan rampung selama 408 hari kalender," kata Rien dalam rilis yang dikutip Senin. 

Dijelaskannya, lokasi Jembatan Pandansimo yang memiliki karakteristik tanah yang berpasir dan muka air tanah dangkal serta dekat sumber gempa sesar Opak dengan radius 10 kilometer sehingga Jembatan Pandansimo memiliki potensi terjadi likuifaksi.

Nantinya Jembatan Pandansimo akan menggunakan teknologi LRB atau Lead Rubber Bearing yang mampu mengakomodir pergerakan selama gempa terjadi.

"Jembatan Pandansimo dipercantik dengan pemasangan ornamen yang mengusung kearifan budaya lokal," kata dia.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, Jembatan Pandansimo ini merupakan Proyek Strategis Nasional yang akan menjadi sarana pendukung mobilitas dan memperkuat konektivitas wilayah selatan DIY. 

"Groundbreaking kami maknai sebagai starting point atas suatu terobosan sebagai awal lahirnya ide-ide kreatif inovatif sekaligus menjadi simbol Binanguning marga pambukaning projo," kata dia.

Dikatakannya, Binanguning marga pambukaning projo memiliki makna pembangunan Jembatan Pandansimo menjadi jalur pembuka kesejahteraan bagi masyarakat Bantul semangat Projotamansari dan Kabupaten Kulon Progo dengan semangat Binangun.

"Jembatan Pandansimo juga diharapkan dapat menjadi ikon inovasi dan eksplorasi potensi pariwisata kawasan pantai selatan DIY sekaligus menjadi bagian strategi untuk meretas berbagai tantangan pembangunan dan merintis perubahan," kata Sultan. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/12/11/193709978/jembatan-pandansimo-yang-terpanjang-di-diy-dibangun-hubungkan-bantul-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke