Salin Artikel

Gara-gara Istri Bakar Sampah, Rumah di Gunungkidul Hangus dan Suami Terluka

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rumah limasan milik Sarnoto (70), di Padukuhan Dengok, Kalurahan Pucanganom, Rongkop,Gunungkidul, DI Yogyakarta ludes terbakar pada Senin (11/12/2023) sekitar pukul 09.30 WIB.

Sartono mengalami luka bakar di bagian bahu usai menyelamatkan kambingnya saat terjadi insiden kebakaran.

Lurah Pucanganom Surawan mengatakan, dari informasi yang diterimanya, kejadian ini bermula saat istri korban yang bernama Kartini (65) membakar sampah dekat kandang kambing. Setelah sampah terbakar, Kartini meninggalkan lokasi untuk makan.

"Berawal membakar sampah hingga akhirnya menyebabkan kebakaran yang lebih besar dan membuat seluruh isi rumah terbakar," kata Surawan saat dihubungi melalui telepon, Senin.

Melihat kebakaran tersebut, Sarnoto menyelamatkan kambingnya dari kobaran api dan mengalami luka bakar.

"Hanya luka ringan pada bagian bahu. Kambingnya berhasil diselamatkan," kata dia.

Usai kebakaran yang menghanguskan seluruh rumah korban, Sarnoto dan istri kini mengungsi ke rumah saudara yang lokasinya tidak jauh dari rumah mereka.

"Mbah Sarnoto dan istri tinggal di rumah adiknya. Untuk jaraknya tidak jauh dari lokasi rumah yang terbakar," kata Surawan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadaman Kebakaran Gunungkidul, Handoko mengatakan kebakaran di Kalurahan Pucanganom, Rongkop sudah dalam penanganan dan menerjunkan tim asesmen ke lokasi kejadian.

"Untuk tim masih di lokasi untuk pendataan," kata dia.

Dia berharap dengan kejadian ini masyarakat untuk berhati-hati saat membakar sampah.

Selain itu, meski saat musim penghujan jumlah kebakaran menurun, tetapi terus diwaspadai seperti memeriksa instalasi listrik, dan ber hati-hati saat membakar sampah.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/12/11/144238878/gara-gara-istri-bakar-sampah-rumah-di-gunungkidul-hangus-dan-suami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke