Salin Artikel

Pohon Tumbang Timpa Truk Kontainer di Bantul, Sebabkan Kemacetan 30 menit

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah pohon tumbang menimpa truk kontainer di Jalan Ahmad Yani Kemasan RT 01, Singosaren, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (28/11/2023).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi sempat menyebabkan kemacematan hingga 30 menit.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan, kejadian ini bermula saat truk kontainer H 8334 OA yang dikemudikan oleh Agus warga Kota Semarang, Jawa Tengah, melintas di jalur lambat setelah memuat buku sekitar pukul 11.35 WIB.

"Pohon perindang jalan jenis Munggur melintang di atas jalur lambat. Kabin truk lolos, namun kontainer tidak lolos sehingga menabrak pohon munggur tersebut sehingga tumbang dan mengenai kabin truk penarik tersebut," kata Jeffry dalam keterangan dikutip Selasa.

Akibatnya truk tidak bisa berjalan, dan sopir menghubungi warga, dilanjutkan melaporkan ke Polsek Banguntapan.

Petugas yang datang melakukan evakuasi pohon bersama Damkarmat BPBD Bantul, petugas BPBD, FPRB Banguntapan, dan masyarakat.

"Arus lalulintas sempat macet kurang-lebih 30 menit dan saat ini sudah normal kembali," kata Jeffry.

Jeffry mengatakan, penyebab pohon tumbang, diduga faktor usia. Apalagi di sepanjang Jalan Ahmad Yani Ring Road Selatan Banguntapan, Bantul, banyak pohon perindang yang sudah berusia tua dan rapuh.

Sehingga apabila terjadi hujan atau angin berpotensi lagi terjadi pohon tumbang yang membahayakan penguna jalan.

"Tinggi kontainer kurang lebih 6 meter sehingga tidak bisa melintas di jalur lambat yang banyak terdapat pohon perindang jalan yang melintang," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/28/162112578/pohon-tumbang-timpa-truk-kontainer-di-bantul-sebabkan-kemacetan-30-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke