Salin Artikel

Ajak Warga Tidak Golput Saat Pemilu 2024, MUI Jateng Bakal Gelar "Khotbah Jumat" Serentak

KOMPAS.com - Pemilu 2024 mulai memasuki masa kampanye yang bakal berlangsung sejak hari ini, Selasa (28/11/2023) hingga Sabtu (10/2/2024).

Sementara pemungutan suara atau pencoblosan rencananya bakal dilaksanakan pada Rabu (14/2/2023).

Menjelang hari itu, Ketua MUI Jawa Tengah (Jateng), Dr. KH. Ahmad Darodji, MSi mengajak sekitar 25 juta pemilih di Jateng untuk menggunakan hak pilihnya.

“Jangan Golput dan jangan takut berbeda pilihan, yang penting semua pihak harus saling menghargai pilihan masing-masing, menjaga persatuan dan kesatuan," kata Ahmad, Senin (27/11/2023), dikutip dari TribunJateng.com.

MUI Jateng, dia mengatakan, akan menggelar empat kali seminar yang mengangkat tema pemilu damai.

Topik yang bakal dibahas dalam keempat seminar itu, yakni Pemilu adalah Pesta Bukan Petaka, Menemukan Pemimpin yang Baik, Janji Pemilu adalah Utang, dan Kemenanagan Pemilu adalah Kemenangan Bersama.

Selain itu, Ahmad menambahkan, MUI Jateng juga akan menggelar Khutbah Jumat serentak bertema Pemilu Damai di 35 masjid, yang juga akan dicetak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

Kesiapan Polda Jateng jelang Pemilu 2024

Dalam acara dialog yang dihadiri Ketua MUI Jateng itu, turut hadir juga Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu, serta perwakilan Badan Kesbangpol, Agung Kristiyanto.

Bayu menyampaikan, untuk mengamankan Pemilu 2024, pihak kepolisian akan mengerahkan 22.746 personel, didukung 5.000 anggota TNI, sejak 29 Oktober 2023 hingga 30 Oktober 2024.

Sedangkan Agung menyatakan, Kesbangpol akan menggelar deklarasi pemilu damai, menegakkan dan menjaga netralitas ASN, serta memperbanyak pendidikan politik kepada ormas, generasi muda, serta masyarakat luas.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul "Ketum MUI Ajak Warga Jateng Jangan Golput, Akan Gelar Khutbah Jumat Serentak Bertema Pemilu Damai"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/28/151642678/ajak-warga-tidak-golput-saat-pemilu-2024-mui-jateng-bakal-gelar-khotbah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke