Salin Artikel

Pastikan UMK 2024 Naik, Pj Wali Kota Yogyakarta: Yang Jelas Paling Tinggi di DIY

Pengumuman UMP DIY, akan disusul dengan pengumuman Upah Minimum Kabupaten atau Kota (UMK).

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo memastikan UMK Kota Yogyakarta bakal naik.

"Yang jelas Kota (Yogyakarta) paling tinggi (di DIY). Pasti naik. Naiknya berapa kita tunggu penghitugannya," ujar Singgih ditemui di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (22/11/2023).

Singgih menjelaskan saat ini Pemkot Yogyakarta sedang dalam proses pembahasan kenaikan UMK bersama dengan dewan pengupahan dan unsur lainnya.

Dia mengatakan Pemkot Yogyakarta akan menggunakan PP 51 tahun 2023 dalam menetapkan UMK. Hal ini sebagaimana yang diterapkan Pemerintah DIY.

"Kemudian pola yang dipakai Pemerintah DIY coba diterjemahkan di Pemkot Yogya sekarang berproses. Sebelum tanggal 28 kita umumkan," kata dia.

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Hubungan Industrial Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Rihari Wulandari mengatakan bahwa UMK 2024 Kota Yogyakarta bakal mengalami kenaikan.

"Ada kenaikan, dan masih yang tertinggi. Pada dasarnya UMK Kota Yogyakarta sudah paling tinggi dibanding kabupaten lain.

Sebagai informasi UMK Kota Yogyakarta 2023 berada di angka Rp 2.324.775,50 atau ada kenaikan sekitar 7,93 persen dibanding tahun sebelumnya.

Menurutnya, perumusan UMK yang nantinya diajukan ke Pemda DIY tersebut, mengacu PP No 51 Tahun 2023 tentang perubahan atas PP No 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

"UMP ditetapkan dulu, lalu UMK-nya dihitung. Gambarannya sesuai dengan aturan yang tertera di PP 51," kata dia.

Menurut Wulan, Pemkot Yogyakarta sedang dalam proses menyusun tata tertib sidang perumusan UMK yang akan digelar dalam beberapa hari ke depan. Rencananya, rumusan UMK paling lambat harus diserahkan ke Gubernur DIY pada tanggal 28 November 2023.

"Rencananya pengumuman tanggal 30 November. Direncanakan seperti itu, yang jelas tanggal 28 November harus diserahkan," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/22/150739878/pastikan-umk-2024-naik-pj-wali-kota-yogyakarta-yang-jelas-paling-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke