Salin Artikel

Embung Batur Agung di Gunungkidul Rusak, Warga Berharap Ada Bantuan Perbaikan

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Masyarakat sekitar embung Batur Agung di Padukuhan Karangwetan I, Gedangrejo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, berharap embung yang rusak segera diperbaiki.

Embung yang diresmikan tahun 2018 lalu kondisinya sudah memprihatinkan karena tidak bisa menampung air.

Dukuh Karangwetan I, Sembodo menyampaikan kerusakan embung sudah terjadi sejak 2019 lalu. Kemungkinan karena tekanan air menyebabkan lapisan geomembran bocor.

"Di bawah kemungkinan permukaan tidak rata sehingga batu-batu merobek lapisan geomembran sehingga bocor," kata Sembodo saat dihubungi wartawan melalui telepon Senin (20/11/2023).

Dikatakannya, upaya penambalan sudah dilakukan, namun tidak bertahan lama. Sebab, embung kembali bocor dan air surut.

Padahal embung diharapkan bisa membantu petani saat musim kemarau. Di sisi lain, pemandangan alam bisa digunakan untuk pariwisata, dan sudah diperbaiki jalannya.

"Mudah-mudahan bantuan lagi dari Kemendes PDT untuk perbaikan yang lebih baik sehingga embung bisa bermanfaat seperti tujuan awal saat dibangun," kata Sembodo.

Jika merujuk dari laman Pemkab Gunungkidul, embung bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia diresmikan 27 Januari 2018. Saat itu juga diberikan hibah alat penggilingan padi untuk desa Jatiayu, Karangmojo.

Salah seorang warga, Giyarno berharap embung segera diperbaiki sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga. Embung berfungsi sekitar 1 tahun, setelah itu bocor. 

"Bocornya di beberapa titik, kalau dibiarkan bisa semakin parah dan mangkrak. Semoga segera bisa diperbaiki," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/21/095929578/embung-batur-agung-di-gunungkidul-rusak-warga-berharap-ada-bantuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke