Salin Artikel

Ketum PP Muhammadiyah: Capres Cawapres Harus Miliki Kesadaran Kosmologis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan pesan kepada para capres dan cawapres. 

Capres dan cawapres, kata Haedar, harus memiliki kesadaran kosmologis.

"Para capres-cawapres itu juga harus memiliki kesadaran kosmologis, kesadaran kosmologis itu bahwa politik ekonomi budaya dan kehidupan bernegara jtu tidak akan lepas dari ekosistem di mana kita hidup dan pencipta kehidupan, yakni Tuhan," ujar Haedar saat ditemui di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (17/11/2023).

Haedar menambahkan, salah satu dari capres dan cawapres nantinya yang akan terpilih menjadi presiden dan wakil presiden harus memiliki komitmen untuk menjamin bahwa tanah air dengan kekayaan alam baik itu di darat, laut maupun udara harus menjadi komitmen berpolitik.

"Itu harus menjadi komitmen politik (kekayaan alam) mereka untuk dijaga, dirawat, dibangun, tapi jangan dirusak," tambah Haedar.

Lanjutnya, dengan memasukkan dimensi Tuhan dan ketuhanan dalam berbangsa dan bernegara termasuk dalam mengambil keputusan-keputusan penting diharapkan pemimpin yang terpilih tidak menyalahgunakan kekuasaannya.

"Jangan sampai menyalahgunakan kekuasaan, baik di eksektutif, yudikatif, maupun legislatif," katanya.

Oleh sebab itu, sambung Haedar, dirinya mengajak capres dan cawapres untuk memiliki kesadaran kosmologis tentang pentingnya agama, Pancasila, hingga sejarah negeri.

"Nah, kita ajak para capres cawapres punya kesadaran kosmologis tentang pentingnya agama, Pancasila, budaya luhur bangsa, dan jejak sejarah negeri ini," ucap dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/17/171831478/ketum-pp-muhammadiyah-capres-cawapres-harus-miliki-kesadaran-kosmologis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke