Salin Artikel

Bangkai Hiu Tutul Terdampar di Pesisir Pantai Kulon Progo, Beratnya Diperkirakan 1,5 Ton

Warga yang melintas di pantai menemukan satwa itu di Timur Pantai Congot sekitar 07.00 WIB. Bangkai hiu dalam keadaan utuh, teronggok di pasir dan sudah berbau.

“Hiu tutul ditemukan dekat Pantai Congot, sekitar 500 meter ke Timur,” kata Aris Widiatmoko, Kordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo, Selasa (14/11/2023).

Aris mengungkapkan pengukuran satwa langsung dilakukan. Panjang ikan 8,4 meter dengan lebar dari sip ke sirip 3 meter. Kepalanya saja memiliki lebar 1,4 meter. Dengan ukuran seperti itu bobot ikan bisa lebih dari 1.500 kilogram atau 1,5 ton.

Aris mengungkapkan, relawan, warga dan sejumlah aparat mengubur hiu itu di lokasi temuan. Langkah ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti KSDA dan dinas kelautan.

"Satwa ini sudah berada di darat, jadi bisa kita kubur di tempat. Kalau (kasus) sebelumnya, memang ditarik dari pantai," kata Aris.

Sebelumnya, ikan sejenis terdampar dengan kondisi mati di kawasan wisata Pantai Trisik, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Galur. Hiu memiliki panjang 5 meter, lebar badan 1 meter dan kepala lebar 1,5 meter.

Hiu kembali ditemukan di pantai dusun Garongan 3, Kalurahan Garongan, Panjatan pada 9 November 2023. Satwa itu memiliki panjang sekitar 10 meter dengan berat sekitar 1,5 ton.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/11/14/113328778/bangkai-hiu-tutul-terdampar-di-pesisir-pantai-kulon-progo-beratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke